Sabtu, 09 April 2011

Ps MALAM INDONESIA

PASAR MALAM INDONESIA DENHAAG BERLANGSUNG SUKSES

London, 8/4 (ANTARA) - "Sampai jumpa tahun depan," ujar Kuasa Ad Interim KBRI Den Haag, Umar Hadi pada penutupan Pasar Malam Indonesia 2011 yang disambut gempita oleh para pengunjung, Kamis malam.

Dalam sambutannya, Umar Hadi mengatakan, kesuksesan ini ditandai dengan banyak hal antara lain jumlah pengunjung, keikutsertaan sejumlah kementerian, pemerintah daerah dan UKM Binaan BUMN.

Selain itu juga keikutserataan rumah makan, penyelenggaraan 'Forum Indonesia Today', kemeriahan acara hiburan hingga keberhasilan promosi produk Indonesia, potensi wisata serta investasi.

KBRI Den Haag kembali sukses menggelar Pasar Malam Indonesia (PMI) yang dimulai 1 hingga 7 April 2011 di Malieveld, Den Haag, demikian Fungsi Penerangan KBRI Den Haag dalam keterangan persnya yang diterima Antara London, Jumat.

Ia mengatakan, jumlah pengunjung hingga akhir penyelenggaraan mencapai lebih dari 30 ribu orang yang merupakan prestasi tersendiri mengingat penyelenggaraan PMI lebih banyak diadakan pada hari kerja.

Hal ini menandai tingginya animo warga Belanda dan masyarakat Indonesia yang berada di Indonesia untuk menghadiri PMI.

Keikutsertaan instansi dari Indonesia terbilang besar, Pemerintah daerah seperti Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Bangka Belitung mengirimkan wakilnya termasuk pemda Kutai Timur, Palembang, Surabaya, dan Solo.

Puluhan UKM juga turut serta mengisi acara, sedangkan wakil pemerintahan yang turut serta adalah Kemlu, BUMN, Koperasi dan UKM, BKPM serta Badan Pengusahaan Batam.

Para peserta pameran menyatakan puas mengikuti Pasar Malam Indonesia. Hampir seluruh produk yang ditawarkan laku terbeli di mana hal ini menandakan tingginya daya beli masyarakat Belanda atas produk-produk Indonesia.

Para peserta menyatakan kesediaan untuk ikut serta pada PMI mendatang. Selama PMI berlangsung tercatat total trial order mencapai 1,2 juta dolar AS dan transaksi 'on the spot' mencapai 369 ribu Euro.

Rangkaian dialog dan diskusi "Forum Indonesia Today" dengan mengangkat tema-tema seperti konservasi hutan, kepemimpinan Indonesia di ASEAN, promosi potensi daerah dan kerukunan umat beragama di Indonesia mendapatkan perhatian yang sangat luas dari berbagai kalangan.

Di area Food Court tidak pernah sepi pengunjung. Tercatat lebih dari 28 rumah makan mengisi area food court yang menghidangkan makanan khas Indonesia dari berbagai daerah.

Hampir semuanya menikmati keuntungan besar dan antusias untuk ikut kembali pada PMI yang akan datang. Kepuasan para pengunjung juga tampak selama menikmati acara hiburan yang menampilkan artis-artis terkenal asal Indonesia seperti Yopie Latul, Edo Kondologit, Pinkan Mambo, Nindy dan Lia Emilia.

Tak henti-hentinya para penonton turut bernyanyi dan menari Poco-Poco mengiringi penampilan para artis. Berbagai suguhan tarian daerah dari STSI Bandung dan sejumlah sanggar tari juga mendapat sambutan hangat penonton.

Penampilan khusus berjudul "Rindu Kampung" yang didukung oleh Trans TV dengan menampilkan Bob Tutupoli, Hudson, Putri Ayu, Funky Papua, dan Rumingkang berhasil menghibur ribuan masyarakat sekaligus menjadi puncak acara penutupan PMI.

***6***
(Tz.ZG)
(T.H-ZG/C/S004/S004) 08-04-2011 13:48:31

Tidak ada komentar: