Kamis, 30 Juni 2011

KBRI PARIS

KBRI PARIS IKUT FESTIVAL KEBUDAYAAN DI CHATELAILLON

London, 1/7 (ANTARA) - KBRI Paris berpartisipasi pada Festival Kebudayaan Asia "Chatel en Fete" di kota Chatelaillon Plage, sekitar 500 km dari barat daya Paris, atas undangan walikota setempat.

Festival kebudayaan diselenggarakan setahun sekali di kota pariwisata tersebut dengan mengambil tema yang berbeda-beda setiap tahun, kata Sekretaris Dua KBRI Paris Gita Loka Murti kepada Antara London, Jumat.

Gita Loka Murti menjelaskan festival terdiri atas parade kebudayaan, pendirian stand negara-negara peserta, pentas seni di panggung, pameran makanan, dan pertunjukan kembang api.

Tahun ini festival dihadiri lebih dari 450.000 pengunjung selama dua hari penyelenggaraan Festival yang berlangsung sangat meriah dan pengunjung memadati panggung, stand Indonesia serta jalur parade dan daerah pantai dimana pertunjukan kembang api berada.

Pertunjukan kembang api berlangsung selama 20 menit di atas pantai Chatelaillon yang disambut tepuk tangan dan teriakan kegirangan para penonton yang terkesima oleh paduan musik Asia dan berkilauannya ledakan-ledakan kembang api.

Negara-negara Asia yang kebudayaannya ditampilkan pada Festival tersebut adalah Indonesia, Vietnam, Kamboja, China, Jepang, dan Thailand.

KBRI Paris secara khusus diundang untuk memeriahkan acara tersebut dengan menampilkan pertunjukan kesenian berupa
tari-tarian dari berbagai daerah di tanah air selama dua hari.

KBRI meminjamkan pakaian tradisional Indonesia dan berbagai ornamen dekorasi untuk acara tersebut.

Selain tim kesenian dari KBRI Paris, masyarakat setempat yang mewakili Indonesia juga berimprovisasi dengan menampilkan kesenian Indonesia yang merupakan perpaduan seni tradisional dan kontemporer.

Pada acara gala dinner yang diselengarakan sebelum pertunjukan kembang api, Walikota Chatelaillon Plage, Jean Louis Leonard, menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan atas perhatian dan partisipasi KBRI Paris dalam memeriahkan acara tersebut.

Wakil dari KBRI Paris dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih atas undangan yang disampaikan kepada KBRI Paris dan inisiatif kantor walikota Chatelaillon dalam menampilkan kebudayaan Indonesia sebagai bagian dari festival tersebut.

Gala dinner dihadiri oleh wakil dari Conseil General departemen setingkat kabupaten Charente Maritime dan pejabat kantor walikota kota-kota di sekitar Chatelaillon Plage.

Kemeriahan festival tersebut merupakan sarana yang baik untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia pada publik dan wisatawan yang mengunjungi kota Chatelaillon Plage pada saat itu. ***6***
(ZG)/C/A011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 01-07-2011 05:57:47

Tidak ada komentar: