Selasa, 21 Juni 2011

UDAYANA-GATEWAY

UNIVERSITAS UDAYANA-GATEWAY COLLEGE JALIN KERJA SAMA

London, 22/6 (ANTARA) - Universitas Udayana, Bali dan Gateway College, Norwegia, jalin kerja sama dengan menandatangani "Friendship Agreement" yang dilakukan oleh Pembantu Rektor IV Universitas Udayana Prof Dr. I Made Suastra, PH.D dan Direktur Pendidikan Gateway College Ivar Schou.

Penandatanganan itu disaksikan Dirjen Amerika dan Eropa, Dubes Retno L.P. Marsudi, Dubes RI untuk Norwegia Esti Andayani dan Direktur HAM dan Demokrasi Kementerian Luar Negeri Norwegia Halvor S'tre, Direktur Asia dan Oceania Kementerian Luar Negeri Norwegia Tanja K. Hegge, dan Dubes Norwegia untuk Indonesia Eivind Homme.

Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Oslo Febby Fahrani kepada ANTARA London, Rabu, mengatakan dalam perjanjian tersebut kedua institusi sepakat untuk meningkatkan kolaborasi di bidang pendidikan yang terjalin diantara keduanya.

Dalam perjanjian juga termaktub harapan kedua institusi agar kolaborasi yang erat tersebut dapat memberikan manfaat positif bagi kedua institusi, namun juga bagi masyarakat kedua negara.

Seusai penandatanganan, Dirjen Amerika dan Eropa, Dubes Retno Marsudi mengatakan, perjanjian antara Universitas Udayana - Gateway College akan semakin memperkokoh pondasi kerja sama pendidikan antara kedua institusi.

Dengan dukungan penuh Universitas Udayana, penyelenggaraan pendidikan pra-universitas di Bali oleh Gateway College yang diselenggarakan sejak 1993 semakin baik dan profesional.

Gateway College, lembaga pendidikan non-formal yang memfasilitasikan penyelenggaraan pendidikan pra-universitas di Bali dengan penerapan kurikulum pendidikan tinggi Norwegia yang dilaksanakan antara lain oleh Telemark University College, Sogn og Fjordane University College, Lesund University College dan Lillehammer University College.

Selama 14 minggu, mahasiswa Norwegia belajar ilmu filosofi, psikologi budaya, olahraga, manajemen pariwisata, dan ekonomi, serta bahasa Indonesia. Program pendidikan pra-universitas di Bali diselenggarakan dua kali setahun, yaitu Semester Musim Semi mulai Februari dan Semester Musim Gugur mulai Agustus 2011.

Tercatat untuk Semester Musim Semi tahun 2011, sebanyak 403 mahasiswa Gateway College belajar di Bali yang mengalami peningkatan signifikan dari 326 mahasiswa Semester Musim Semi tahun 2010 dan 313 mahasiswa Semester Musim Semi 2009. ***6***

(T.H-ZG/B/F002/F002) 22-06-2011 05:40:59

Tidak ada komentar: