Kamis, 16 Mei 2013

ATM DUBAI

INDONESIA JARING WISATAWAN TIMUR TENGAH DI DUBAI

London, 15/5 (ANTARA) - Indonesia menjaring wisatawan dari Timur Tengah dan Afrika dengan mengikuti pameran dan temu bisnis yang ke-20 industri pariwisata "Arabian Travel Market 2013" (ATM 2013) yang diadakan di Dubai, baru baru ini.

Kegiatan yang merupakan ajang pameran dan temu bisnis terbesar di wilayah Timur Tengah dan Afrika, berlangsung di Dubai International Exhibition and Conference Centre, demikian Konsul Fungsi Pensosbud KJRI Dubai, Adiguna Wijaya kepada ANTARA London, Rabu.

Pameran pariwisata ATM 2013 yang digelar untuk ke-20 diikuti sekitar 3.000 peserta dari 87 negara meningkat dari tahun lalu sebanyak 2.400 peserta, ujarnya.

Pangeran Dubai Sheikh Majid Bin Mohammed usai meresmikan pameran mengunjungi Paviliun Indonesia disambut Dirjen Pemasaran Pariwisata Esthy Reko Astuty didampingi Direktur Promosi Pariwisata Luar Negeri, Nia Niscaya dan Direktur Pencitraan Indonesia, Ratna Suranti dan mendapat cinderamata perak khas Indonesia disaksikan Acting Konjen RI Dubai, Heru Sudradjat.

Acting Konjen RI Dubai, Heru Sudradjat menyatakan keikutsertaan Indonesia dalam pameran ini sangat penting karena ATM Dubai merupakan ajang pameran yang diperhitungkan di kawasan serta masuk dalam daftar kalendar internasional.

Dikatakannya pebisnis industri pariwisata yang berpasrtisipasi dan mengunjungi pameran ini tidak hanya berasal dari kawasan Timur Tengah dan Afrika, tetapi juga dari wilayah Eropa, Asia, Australia dan Amerika Latin.

Partisipasi Indonesia s merupakan langkah untuk upaya promosi dan perluasan pasar pemasaran pariwisata Indonesia, tidak hanya untuk pasar Timur Tengah dan Afrika tetapi juga kawasan dunia lainnya.

Saat ini Dubai menjadi salah satu destinasi pilihan wisatawan mancanegara yang pada tahun 2012 lalu berhasil menarik sekitar 10 juta wisman.

Sementara itu, Dirjen Pemasaran Pariwisata, Esthy Reko Astuty menyatakan keikutsertaan Indonesia dalam berbagai pameran pariwisata merupakan upaya pemerintah khususnya Kemenparenkraf dalam mengembangkan dan promosi pariwisata Indonesia.

Partisipasi dalam pameran internasional secara berkelanjutan merupakan salah satu upaya untuk menjaga eksistensi dan promosi pariwisata Indonesia dalam kancah industri pariwisata global, guna menarik wisman yang lebih banyak lagi ke Indonesia, ujarnya.

Posisi strategis Dubai sebagai hub lalu lintas penerbangan internasional dan perkembangan sangat positif dapat dimanfaatkan sebagai hub promosi pariwisata Indonesia. Hal ini juga dilakukan beberapa negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia.

Lebih lanjut Dirjen Pemasaran Pariwisata menginformasikan pangsa pasar Timur Tengah terus meningkat positif dalam komposisi wisman yang datang ke Indonesia, mencapai sekitar 35 persen dibanding tahun sebelumnya. Selain itu, wisman asal Timur Tengah tergolong dalam segmentasi wisman kalangan menengah ke atas.

Pada periode Januari hingga Maret 2013 tercatat Wisman Timur Tengah asal PEA mengalami peningkatan terbesar mencapai 55,5 persen dibanding periode yang sama tahun 2012 diikuti oleh Mesir sebesar 20,4 persen dan Bahrain 17,5 persen.

Pada tahun 2012 tercatat sebanyak 8.044.462 wisman berkunjung ke Indonesia atau mengalami peningkatan sebesar 5,2 persen dari tahun 2011. Sementara itu, pemerintah Indonesia melalui Kemenparenkraf menargetkan sekitar 8,6 juta hingga 9 juta wisman akan berkunjung ke Indonesia tahun 2013 ini.

Sementara itu Direktur Promosi Pariwisata Luar Negeri, Nia Niscaya, menjadi pembicara dalam kegiatan seminar pariwisata internasional yang disponsori oleh Google Online Academy menyampaikan topik bahasan seputar pengembangan dan pembangunan Ekoturisme di Indonesia.

Paviliun Indonesia seluas 200 m2 didekorasi dengan nuansa warna hijau terang dengan motif etnik dan dihiasi dengan beragam poster foto ukuran besar beberapa obyek wisata andalan di seluruh Indonesia.

Di sisi kanan depan Paviliun Indonesia terdapat panggung kecil yang menampilkan permainan alat musik tradisional Indonesia asal Nusa Tenggara Timur "Sasando Rote".

Delegasi Indonesia ke ATM 2013 selain industri pariwisata , wartawan media cetak dan elektronik Indonesia juga finalis "Putri Solo 2011" dan "Solo Batik Carnival 2011", Tisia Reztuary, "Putri Solo Favorit 2010" dan "Solo Batik Carnival 2010", Cintia Bernanti; Aji Darius penyaji kopi yang pernah menjadi juara 1 "Indonesia Barista Competition 2012" dan juara 2 "Indonesia Barista Competition 2013"; serta pemain "Sasando Rote", Bertholens Ougus Pah yang pernah masuk tiga besar ajang pencari bakat di televisi "Indonesia Mencari Bakat 2012". ***3***
(ZG)
(T.H-ZG/B/B. Situmorang/B. Situmorang) 15-05-2013 18:47:46


Tidak ada komentar: