Rabu, 08 Mei 2013

MAROKO


MAHASISWA INDONESIA RAIH MUSYARAF JIDDAN DI MAROKO

London, 29/4 (Antara) - Mahasiswa Indonesia di Maroko H. Khoirurrijal, MA, berhasil meraih predikat Musyarraf Jiddan atau Summa cum laude dalam sidang program doctoral yang berlangsung di Gedung Azziyani, Fakultas Sastra dan Humaniora Universitas Moulay Ismail, Kota Meknes-Maroko, dan berhak menyandang gelar doktor.

Khoirurrijal ikut mengharumkan nama mahasiswa Indonesia yang berhasil menyelesaikan studinya menyusul mahasiswa yang lebih dulu berhasil meraih gelar doktor pada universitas yang sama, demikian Burhan Ali, Lc, Mahasiswa S2 Jurusan Ilmu Akidah dan Agama-agama di Gharb Islami Universitas Hassan II Casablanca dalam surat elektroniknya yang diterima ANTARA London, Senin.

Khoirurrijal berhasil menyelesaikan disertasinya yang berjudul "Ta'lim Annahwi wa Turuq Tadrisihi li Ghairi Annatiqiinn bil 'Arabiyyah - Indonesia Namudzajan" atau "Pengajaran Nahwu dan Metodenya bagi Non-Arab - contoh di Indonesia" dengan penuh kesungguhan dan kesabaran meninggalkan keluarganya di Tanah Air.

Pada sidang yang berlangsung selama tiga jam, Khoirurrijal berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan para penguji, di antaranya Dr. Hamid El 'Azaoui sebagai ketua penguji, Dr. Belkacem Alayoubi sebagai dosen pembimbing, Dr. Mohamed Bounejma sebagai anggota, Dr. Abdel Ilah Ismaili sebagai anggota, dan Dr. Moulay Mohamed Ismaili Alaoui sebagai anggota.

Dr. Mohamed Bounejma sebagai dosen penguji mengatakan, "Disertasi yang ditulis ini merupakan hasil karya tulis yang bisa menjadi buku rujukan pada bidangnya dan bisa dikembangkan lagi hingga memberi manfaat yang lebih luas, terutama kepada masyarakat Indonesia yang bergerak pada bidang pengajaran bahasa arab".

"Meneliti kembali terhadap metode pengajaran bahasa arab merupakan hal yang penting, dan dengan metode baru yang lebih komunikatif dan interaktif membuat murid-murid lebih menyukai dan memudahkan dalam pelajaran bahasa arab. Itulah hal penting yang ada pada disertasi Khoirurrijal" imbuhnya.

Pada kesempatan ini, hadir Dubes RI untuk Kerajaan Maroko, H. Tosari Widjaja, beserta sekretarisnya H. Husnul Amal Masud MA, jajaran pengurus dan anggota PPI Maroko, dosen, pegawai dan mahasiswa Universitas Moulay Ismail Kota Meknes. ***4***
(T.H-ZG/C/Farochah/Farochah) 29-04-2013 08:30:28

Tidak ada komentar: