Jumat, 18 September 2015

HAMBURG

REALISASI INVESTASI JERMAN DI KARIMUN DIPERCEPAT
       
            London, 5/9 (Antara) - Badan pengelolaan kawasan perdagangan bebas Karimun bersama Kementerian Koordinator Perekonomian dan Konsulat Jenderal RI di Hamburg melakukan kunjungan ke kantor pusat Oiltanking GmbH di Hamburg, Jerman, Jumat,
            Kunjungan dalam rangka percepatan realisasi investasi di kawasan Kepulauan Karimun.              
           Staf Ahli Kemenko Perekonomian Bidang Ekonomi dan Kemaritiman, Purba Robert Sianipar, mengatakan kunjungan kerja Jerman dan juga Italia merupakan upaya memajukan agenda prioritas nasional saat ini.

                Prioritas dimaksud yaitu percepatan realisasi investasi asing, khususnya pada sektor infrastruktur dan manufaktur, dalam rangka memaksimalkan potensi ekonomi yang dimiliki Indonesia.

                Sejalan dengan hal tersebut, kunjungan kerja bersama ke Hamburg, Jerman, diarahkan untuk mendorong percepatan realisasi dan operasional salah satu investor di sektor minyak dan gas di kawasan Free Trade Zone (FTZ) dan Free Ports (FP) Karimun yang dicanangkan salah satu perusahaan kilang Jerman, Oiltanking Gmbh.    
           Konjen  RI Hamburg, Ibu Sylvia Arifin, menyampaikan apresiasi kepada Oiltanking GmbH yang  memilih Kawasan Free Trade Zone dan Free Ports Karimun sebagai bagian dari pengembangan bisnis minyak dan gas mereka di kawasan Asia Pasifik melalui anak perusahaannya PT. Oiltanking Karimun.  
             Ia juga mendorong perluasan investasi dan kerjasama Oiltanking GmbH di sektor minyak dan gas dengan berbagai kawasan dan stakeholders terkait di Indonesia.  
           KJRI Hamburg  siap memberikan dukungan dan fasilitas peningkatan kerjasama baik antara PT. Oiltanking Karimun dan BP Karimun maupun dengan mitra-mitra lainnya di berbagai sektor.    
          Dalam paparannya, Mr. van Velzen menjelaskan sejarah investasi Oiltanking GmbH di Karimun. Oiltanking GmbH merupakan perusahaan Jerman yang bergerak di bidang penyimpanan (storage) minyak, gas dan bahan kimia terbesar kedua di dunia dengan 75 terminal di 23 negara di Eropa, Amerika Utara & Selatan, Timur Tengah dan Asia.  
         Dari sisi kepemilikan, Oiltanking GmbH merupakan anak perusahaan Marquard & Bahls AG, perusahaan minyak terkemuka di Jerman yang berbasis di Hamburg.    
          Pemilihan kawasan Free Trade Zone dan Free Ports Karimun sebagai bagian dari jaringan bisnis Oiltanking GmbH didasarkan kepada keunggulan letak wilayah tersebut yang sangat strategis dan terletak di Selat Malaka yang merupakan jalur perlayaran internasional.

                Selain itu, terdapat berbagai insentif bea cukai dan perpajakan yang dapat dimanfaatkan Oiltanking GmbH mengingat status lokasi fasilitas mereka di Karimun merupakan kawasan perdagangan bebas.  
          Terlepas dari kedua faktor tersebut, hal yang memperkuat alasan investasi di Karimun adalah adanya dukungan yang kuat dan kerjasama yang erat antara pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Kabupaten Karimun, khususnya BP Kawasan Karimun selama proses penjajakan investasi yang dilakukan Oiltanking GmbH.  
          Mewakili Oiltanking Gmbh, Mr. van Velzen, menyampaikan rasa terima kasihnya atas berbagai dukungan yang telah diberikan selama ini sehingga proses realisasi investasi PT. Oiltanking Karimun dapat berjalan cepat dan lancar. Proyek investasi di Karimun tersebut merupakan proyek terbesar kedua yang dimiliki Oiltanking GmbH.(ZG)
***3***
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 05-09-2015 06:04:08HAMBURG

Tidak ada komentar: