Jumat, 18 September 2015

HAMBURG

PERTUKARAN PELAJAR SMA JERMAN DAN RI
         
   London, 9/9 (Antara) - SMAN I Salatiga bekerjasama dengan Sekolah Menengah Gymnasium Ohlstedt, Hamburg, Jerman, sepakat  menyelenggarakan pertukaran pelajar yang diawali dengan kunjungan 18 murid SMAN tersebut dan dua guru pendamping ke Sekolah Menengah Gymanasium Ohlstedt pada 6-26 September 2015.

        Pelajar Gymnasium Ohlstedt akan  berkunjung dan belajar di SMAN I Salatiga pada Oktober mendatang, demikian Consul for Information and Social-Cultural Affairs KJRI Hamburg, Indri Rasad kepada Antara London, Rabu.

        Di samping pelajaran di bangku sekolah, para murid juga mempelajari kehidupan dan budaya masing-masing negara dan masyarakatnya.

        Dalam rangka membuka program pertukaran pelajar dan menyambut delegasi SMAN I Salatiga, Konsul Jenderal RI Hamburg mengadakan jamuan makan malam di KJRI Hamburg dengan seluruh delegasi SMAN I Salatiga dan para pelajar Gymnasium Ohlstedt yang akan ikut pertukaran pelajar di SMAN I Salatiga pada bulan Oktober mendatang.

        Konsul Jenderal RI Hamburg Sylvia Arifin menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, terutama kepada Mr Harald Ploß, diaspora Indonesia di Hamburg yang telah menggagas program pertukaran pelajar tersebut dengan dukungan KJRI Hamburg.

       Dikatakannya,  program pertukaran pelajar antara Jerman dan Indonesia di tingkat SMA merupakan yang pertama kalinya dan diharapkan dapat menjadi "building bridges" peningkatan "people-to-people contact" RI-Jerman dan sebagai modal mekanisme kerjasama pendidikan dimasa datang.

        Hadir dalam jamuan makan malam, Mr Sven Callesen dari Sekolah Gymnasium Ohlstedt dan Kepala Sekolah SMAN I Salatiga Wahyu Tri Astuti, orang tua Murid Gymnasium Ohlstedt serta Host Families murid SMAN I Salatiga selama tinggal di Hamburg.

        Callesen menyampaikan pertukaran pelajar ini dapat meningkatkan saling pemahaman budaya antara masyarakat Jerman dan Indonesia. Murid dari SMA Jerman dan Indonesia  dapat belajar satu sama lain mengenai budaya masing-masing.

        Sementara itu , Kepala Sekolah SMAN I Salatiga Wahyu Tri Astuti menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak atas penyelenggaraan program pertukaran pelajar dan menitipkan anak-anak SMAN I Salatiga untuk belajar di sekolah Jerman.

        Selama di Hamburg, selain mengikuti kegiatan belajar dan mengajar, para pelajar SMAN I Salatiga juga memperkenalkan seni-budaya dan pariwisata Indonesia kepada murid-murid dan masyarakat sekitar sekolah Gymnasium Ohlstedt.

        Sebagai puncak kegiatan acara, Sekolah Gymnasium Ohsltedt dan SMAN I Salatiga akan mengadakan promosi seni budaya dan kuliner Indonesia di Gymnasium Ohlstedt pada tanggal 12 September mendatang.

        Para murid SMAN I Salatiga sangat terkesan dan antusias mendapatkan kesempatan menjadi peserta pertukaran pelajar. Bahkan ada yang menyampaikan sebagai impian indah yang berhasil menjadi kenyataan.

        Mereka berharap dalam kunjungan ke Jerman, dapat belajar perihal sistim pendidikan Jerman yang selama ini dikenal sangat maju. Sedangkan para Murid Sekolah Gymnasium Ohlstedt tidak sabar dapat berkunjung ke Salatiga bulan Oktober nanti.

        Mereka ingin belajar keragaman budaya dan kuliner Indonesia yang sering mereka dengar dari media. ***4***

(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 09-09-2015 21:11:33

Tidak ada komentar: