Jumat, 18 September 2015

SYDNEY

OKKY: KESEHATAN DAN KETENAKERJAAN TAK BISA DIPISAHKAN

     Oleh Zeynita Gibbons

   London, 16/9 (Antara) - Kesehatan dan Ketenagakerjaan adalah dua sisi yang tidak dapat dipisahkan, kata anggota DPR RI Okky Asokawati di Sidney, Australia.

        Hal itu diungkapkan Okky Asokawati dalam diskusi dengan masyarakat Indonesia di KJRI Sydney, demikian Joannes E Tandjung, Diplomat Indonesia yang sedang menjalankan studi doktoral mengenai perlindungan hukum batik Indonesia kepada Antara London, Rabu.

        Okky Asokawati mengatakan, selaku warga negara Indonesia, patut  bangga dengan kenaikan anggaran kesehatan sebesar lima persen dari APBN, yaitu Rp75 triliun. Kenaikan anggaran kesehatan merupakan contoh kemitraan antara eksekutif dan legislatif yang mengeyampingkan perbedaan guna mengedepankan kepentingan rakyat Indonesia.

        Selain isu kesehatan dan ketenagakerjaan, diplomasi fesyen sebagai bagian integral dari diplomasi ekonomi yang digalakkan Kementerian Luar Negeri merupakan isu mengemuka yang menuai perhatian 100 anggota masyarakat Indonesia yang menghadiri acara diskusi.

        Kehadiran Okky Asokawati dalam konferensi TB Global Forum yang diikuti wakil Caucus Asia Pacific dan bertemu Menteri Luar Negeri Australia, Ms Julie Bishop.

        Partisipasi aktif Okky Asokawati dalam pertemuan "TB Global Forum" tidak hanya mewakili suara Indonesia, namun juga menggaungkan kepentingan negara-negara berkembang dalam pemberantasan penyakit tuberkulosis (TB).

        Menurut data Global TB Caucus, pada tahun 2013 terdapat 680.000 kasus TB dan Multi-drug resistant/MDR TB dan 68.000 kematian yang disebabkan TB di Indonesia.

        Salah satu hasil utama pertemuan tersebut adalah pembentukan Caucus Asia Pacific yang beranggotakan Australia, Indonesia, India, Filipina, Vietnam, Papua Niugini dan Selandia Baru.

        Konsul Jenderal RI di Sydney, Dr Yayan GH Mulyana mengatakan, diskusi ini sebagai forum interaksi  antara Okky Asokawati dengan masyarakat Indonesia guna mendengarkan perhatian dan harapan anggota masyarakat atas perkembangan isu kesehatan dan tenaga kerja serta isu hangat lainnya di Tanah Air.

        Mengawali karirnya sebagai model,  Okky Asokawati terpilih menjadi Anggota DPR Komisi IX sejak tahun 2009. Pada Pemilu tahun 2014, Okky terpilih kembali sebagai Anggota DPR mewakili Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk masa tugas 2014-2019.

        Di sela-sela kesibukan utamanya dalam menghadiri sidang di DPR dan menjalankan agensi modelnya, Okky juga seorang penulis politik yang  menerbitkan beberapa buku bestseller termasuk yang berjudul "From Fashion to Politics".  ***4*** (ZG)

(T.H-ZG/B/S. Muryono/S. Muryono) 16-09-2015 21:15:47
SYS

Tidak ada komentar: