Jumat, 18 September 2015

SOFIA

WARGA SOFIA TERTARIK TENUN SASAK DAN SUTERA
     Oleh Zeynita Gibbons

     London, 5/9 (Antara) - Warga Sofia, Bulgaria, tertarik dengan tenun Sasak, Bali, batik dan sutera Bugis yang ditampilkan disainer terkemuka Indonesia Toto Supangat, didukung para model mahasiswa Kelas Bahasa dan Budaya Indonesia.

         Mulai dari gaun semi formal hingga formal khususnya untuk gala dengan bahan kombinasi tenun sasak dan Bali, batik dan sutera bugis, telah menarik perhatian warga setempat. Terlebih ketika pragawati amatiran Bulgaria tampil dalam acara resepsi HUT RI ke-70 yang diadakan KBRI Sofia, di Sofia, Bulgaria, Sabtu.

         F. Pensosbud KBRI Sofia Dina Martina kepada Antara London, Sabtu, menuturkan pujian warga Sofia. "Wonderful, amazing and briliant".

         Pujian sebagian tamu terhadap berbagai macam gaun karya Toto Supangat yang ditampilkan pada acara Fashion Show yang memberikan nuansa berbeda dari resepsi tahun sebelumnya sebagaimana disampaikan sebagian tamu KBRI selalu memberikan kejutan pada setiap acara resepsi diplomatiknya.

          Mengawali fashion show, Kaloyan Petrov, alumni BSBI/Darmasiswa, tampil membawakan tarian Bali "Wira Yudha" yang dipelajarinya di ISI Denpasar pada tahun 2014 - 2015.

          Dubes Bunyan Saptomo dalam sambutannya antara lain menyatakan sejak 70 tahun lalu Indonesia dengan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika-nya telah berkomitmen terhadap demokrasi dan masyarakat 'multi-culture' yang menghargai perbedaan etnik dan agama.
     Dubes menjelaskan capaian Indonesia selama 70 tahun dan perkembangan hubungan Indonesia-Bulgaria khususnya di bidang politik, ekonomi dan budaya. Disebutkannya nilai perdagangan kedua negara meningkat rata-rata 11 persen pertahunnnya dalam lima tahun belakangan ini dari  77 juta  dolar AS tahun 2010 menjadi 123 juta dolar AS tahun 2014.

         Kesempatan resepsi dimanfaatkan Dubes untuk berpamitan mengingat resepsi terakhir bagi Dubes yang akan menyelesaikan tugasnya dalam waktu dekat.

        Tidak kurang dari 300 undangan hadir pada acara resepsi antara lain Wakil Menlu-Rumen Alexandrov, Sekretaris Presiden urusan Sosial - Deyana Kostadinova, Kepala Badan Investasi - Stamen Yanev, Ketua KADIN Bulgaria - Tsvetan Simeonov, dan sejumlah Dubes negara sahabat antara lain  Rusia, AS, Jerman, Perancis, Jepang dan Korea Selatan.

        Toto Supangat sendiri tak dapat hadir karena kondisi kesehatannya dan diwakili asistennya Ichsan Sya'ban. Beberapa tamu menyampaikan minatnya untuk membeli beberapa baju rancangan Toto Supangat yang pada akhir acara ditampilkan lagu-lagu Indonesia seperti 'Kebyar-Kebyar', 'Indonesia Pusaka' dan 'Indonesia Tanah Airku' oleh Ichsan Sya'ban menambah meriah suasana resepsi.(ZG) ***4***
(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 05-09-2015 06:10:21

Tidak ada komentar: