Rabu, 30 September 2015

RUSIA

PERINGATAN 65 TAHUN HUBUNGAN RI-RUSIA BERLANGSUNG MERIAH
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 20/9 (Antara) - Resepsi peringatan HUT ke-65 Hubungan Diplomatik Indonesia-Rusia berlangsung meriah dengan hiburan diantaranya tarian Kembang Kipas dan Saman di "jantung" kota Moskow.

         KBRI Moskow dalam keterangan tertulis kepada Antara London, Minggu, melaporkan tarian yang juga memperingati 70 tahun kemerdekaan RI itu disajikan oleh kelompok tari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta.

         Selain itu, siswa Sekolah Indonesia Moskow melantunkan lagu "Luchse Gorod Zemli", tari Jaipong oleh Ekaterina Makanina, tari Enggo Lari oleh penari Kementerian Pariwisata dan alunan "medley: lagu Indonesia dan barat dengan alat musik Sasando oleh Jitron.

         Penampilan penyanyi Dharma Oratmangun dengan lagu "Sio Mama" dalam Bahasa Rusia serta alunan suara sopran Leo Simanjuntak dengan lagu "Tanah Pusaka" dan "You Raise Me Up" membuat suasana semakin meriah.

         Di sela acara, dua layar raksasa di kiri dan kanan panggung menampilkan aneka klip foto keindahan alam Nusantara dan kemajuan perekonomian Indonesia memberikan kesan mendalam pada sekitar  300 undangan mulai dari pejabat pemerintah Rusia dan kalangan diplomatik, hingga tokoh masyarakat, pengusaha, media massa dan tour operator.

         Bertindak sebagai "Guest of Honor" di pihak Rusia dalam acara resepsi diplomatik Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Igor Margulov yang menyempatkan diri melihat puluhan foto sejarah hubungan diplomatik Indonesia-Rusia koleksi KBRI Moskow dan Departemen Sejarah dan Arsip Kemlu Rusia.

         Selain itu juga terdapat foto panorama Indonesia koleksi fotografer Rusia Sergey Kovalchuk, koleksi kain Nusantara oleh Dharma Wanita KBRI Moskow, dan demonstrasi kerajinan tenun Tanimbar oleh  Everarda Belay yang khusus datang dari Maluku.

         "Presiden Putin merayakan ulang tahun ke-61 di Bali tahun 2013, sedangkan Presiden Soekarno merayakan ulang tahun ke-60 di Moskow tahun 1961. Sebuah kebetulan yang menyenangkan," ujar Wakil Menlu Igor Margulov saat melihat pameran foto hubungan diplomatik RI-Rusia.

         Acara resepsi diplomatik diawali dengan aubade oleh siswa-siswi Sekolah Indonesia Moskow (SIM) dengan dirijen Daniel Doroshenko menyanyikan hymne "Indonesia Raya" dan lagu kebangsaan Rusia "Gosudarstvenny Gimn Rossiyskoy Federatsii" yang mengundang decak kagum hadirin karena kekompakan bernyanyi serta kostum warna warni yang dikenakan siswa SIM.

         Dubes RI untuk Federasi Rusia Djauhari Oratmangun bersama Wakil Menlu Igor Margulov menyampaikan sambutan yang intinya menyampaikan penghargaan dan harapan bagi peningkatan hubungan kerja sama dan persahabatan kedua bangsa dan negara di tahun-tahun mendatang.

         Kedua pejabat menandatangani poster HUT ke-65 Hubungan Diplomatik Indonesia-Rusia dan juga melakukan pemotongan tumpeng yang disaksikan para Dubes negara-negara ASEAN di Moskow.

         Sementara itu, Ketua Indonesia-Rusia Business Council, Mikhail Kuritsyn, memuji penampilan siswa SIM.  "Ya, anak-anak yang sangat berbakat, Molodsy rebyata Bravo!," katanya, disetujui Ketua ASEAN-Rusia Business Council, Viktor Tarusin.

         Di tengah hingar bingar pertunjukan dan percakapan pengunjung, salah satu pojok ball room dimanfaatkan untuk arena promosi perdagangan dan pariwisata Indonesia, diantaranya produk kopi Kapal Api, Torabika Mayora group, kain Nusantara, termasuk tenun Tanimbar, maupun promosi wisata Bali dan Jawa Tengah oleh Majalah Conde Nest Travel.

         Seluruh rangkaian acara malam resepsi ditutup dengan penampilan ibu-ibu Darma Wanita KBRI Moskow yang mengajak seluruh hadirin menari "Gemu Famire" dan "Poco Poco" yang mendapat sambutan meriah hadirin.

         "Luar biasa Indonesia, saya sangat senang malam ini," ujar Viktor Sumskiy, Direktur Rusia-ASEAN pada Universitas MGIMO mengikuti acara hingga usai. (ZG) ***2***
(T.H-ZG/B/E.M. Yacub/C/E.M. Yacub) 20-09-2015 13:54:28
RUSIA

Tidak ada komentar: