Rabu, 30 September 2015

UKM

PRODUK UKM INDONESIA BERUPAYA RAMBAH RUSIA

          London  25/9 (Antara) - Berbagai produk hasil karya pengusaha Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia berupaya merambah pasar Rusia di ajang pameran "GIFTS Expo Autumn 2015" yang diselenggarakan di Gedung Gostiny Dvor yang terletak di daerah elite, Centrum Moskow.

         Produk UKM tersebut antara lain berupa tas dan sepatu kulit, perhiasan dan kerajinan tangan, mutiara mutumanikam, batik, baju untuk dewasa dan anak-anak, serta hiasan interior beraksen hewan laut.

         GIFTS Expo Autumn 2015 diikuti sekitar 40 negara dikunjungi sekitar 25 ribu pengunjung, demikian keterangan dari Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Moskow yang diterima Antara London, Jumat.

         GIFTS Expo merupakan salah satu pameran bergengsi di Eropa diikuti peserta dari berbagai negara di Eropa Barat, Tengah dan Timur, Amerika Serikat, negara-negara Timur Tengah dan Asia seperti Iran, Filipina, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, Thailand, Bangladesh, Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, India dan Indonesia.

         Dalam pameran kali ini, peserta dari Indonesia dipimpin Staf Khusus Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Teguh Budiono. Kementerian KUKM membawa delapan UKM Indonesia, yaitu Aidapray Jewelry Studio, Promosi Dagang Asia, Alira Putri, Unque, Lungsin, Little Zee, Safiza House dan CV. Sahara Nusa Indo.

         Keikutsertaan pelaku usaha kecil dan menengah dalam ajang pameran ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi UKM Indonesia untuk mengembangkan pasar seluas-luasnya, sekaligus untuk mengetahui secara langsung tren global yang sedang diminati pasar Eropa, khususnya di Rusia.

         Disamping itu, dengan melihat produk yang dihasilkan pelaku usah dan UKM dari negara lain, diharapkan UKM Indonesia dapat membandingkan kualitas produk serta mengembangkan ide-ide baru yang dapat dibawa UKM di Indonesia.

         Para UKM yang turut serta dalam pameran ini dapat pula memperluas jaringan perdagangan di antara sesama peserta serta berinteraksi langsung dengan pembeli, baik individual maupun yang berskala besar.

         Untuk kawasan Eropa Timur, khususnya Rusia, produk yang dihasilkan perajin Indonesia, termasuk UKM, memiliki peluang pasar yang cukup terbuka karena memiliki ciri khas dan kualitas yang baik.

         Tidak heran bila dalam pameran ini, terdapat pula stand individu peserta dari Rusia yang menjual produksi Indonesia, seperti patung seni dari kayu.

         Secara tidak langsung promosi Indonesia melalui barang-barang produksi UKM dalam ajang pameran ini turut membantu upaya Pemerintah Pusat maupun Perwakilan RI di Moskow memperkenalkan dan mendekatkan Indonesia kepada masyarakat Rusia.

         Keikutsertaan Indonesia secara rutin dalam ajang pameran GIFTS Expo yang diselenggarakan dua kali dalam setahun ini, perlu terus menerus dan mendapat dukungan, sebagaimana dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM dalam ajang pameran ini. GIFTS Expo selanjutnya akan diselenggarakan di awal musim semi, Maret tahun depan.

    ***3*** (T.ZG)
(T.H-ZG/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 25-09-2015 17:10:21
U

Tidak ada komentar: