Kamis, 22 Oktober 2015

HUNGARIA

MUSIK KERONCONG MENGGEMA DI SEKOLAH HUNGARIA
     Oleh Zeynita Gibbons

     London, 15/10 (Antara) - Permainan musik keroncong oleh mantan peserta Darmasiswa RI menggema di Hungaria sekaligus mendapat sambutan hangat dari para siswa sekolah Medgyessy Ferenc Gimnazium és Muveszeti Szakkozepiskola (MFG).

          Lantunan lagu-lagu keroncong tersebut merupakan rangkaian dari "road show" program Indonesia Goes to School di MFG atau SMA Jurusan Seni di kota Debrecen, sekitar 235 km arah timur Budapest, kata Pensosbud KBRI Budapest Yudhi Gunawan kepada Antara London, Kamis.

          Di hadapan para siswa SMA Medgyessy Ferenc, Dubes RI untuk Hungaria Ny. Wening Esthyprobo menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara dengan multikultura, multibahasa, dan multiagama.

          Akan tetapi, lanjut dia, memiliki semangat persatuan dalam semboyan negara, yaitu Bhinneka Tunggal Ika: berbeda suku bangsa, agama, dan bahasa tetapi memiliki satu tujuan, yakni bernegara Indonesia.

          Dubes juga mengajak para siswa berkunjung ke Indonesia, apalagi SMA Medgyessy Ferenc yang memiliki kekhususan dalam bidang seni, baik itu seni lukis, pahat, menari, maupun drama, untuk dapat melihat langsung dan merasakan sendiri keunikan dari budaya Indonesia yang sangat beragam.

           Jika tiba saat liburan, dia berharap para siswa dapat menyampaikan keinginan berkunjung ke Indonesia kepada orang tuanya masing-masing.

           Direktur Medgyessy Ferenc Gimnazium Mr. Fekete Joszef dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kunjungan KBRI Budapest yang membawa pasukan budayanya dan memperkenalkan secara "live" Indonesia secara utuh kepada siswa-siswi sekolah tersebut.

           Walaupun berkenalan dalam waktu yang singkat, menurut dia, meninggalkan kesan mendalam tidak hanya di hati para siswa akan tetapi juga para guru dan staf sekolah lainnya. Kegiatan tersebut merupakan yang kali pertama diadakan di sekolah tersebut.

            Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Budapest dalam program dimaksud menampilkan pagelaran gamelan, tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, permainan musik keroncong, pengenalan bahasa Indonesia, dan presentasi singkat mengenai Indonesia.

            Hampir semua penampilan dilakukan pemuda dan pemudi warga Hungaria yang merupakan alumni dari program Darmasiswa RI, Kemendikbud. Diharapkan dapat menggugah semangat dari siswa-siswi dari SMA Medgyessy Ferenc untuk mengenal Indonesia lebih dekat.

    ***4***
D.Dj. Kliwantoro
(T.H-ZG/C/D. Kliwantoro/D. Kliwantoro) 15-10-2015 06:51:09

Tidak ada komentar: