Kamis, 22 Oktober 2015

RUSIA

INDONESIA IKUT AMBIL BAGIAN "RUSSIA ASEAN YOUTH"
     Oleh Zeynita Gibbons

   London, 10/10 (Antara) - Pemuda Indonesia ikut ambil bagian dalam "Russia ASEAN Youth Summit 2015 yang menjadi Poros Baru Gerakan Pemuda Rusia dan ASEAN di kota Vladivostok, Rusia, 8 hingga 11 Oktober mendatang.

        Indonesia ikut ambil bagian dalam pertemuan Third Russia ASEAN Youth Summit 2015 ini dengan mengirimkan 16 delegasi pemuda dalam perhelatan internasional yang diselenggarakan selama tiga hari itu, kata mahasiswi Indonesia di Vladivostok, Agnes Harvelian, kepada Antara London, Sabtu.

        Agnes Harvelian mengatakan bahwa kegiatan itu bertema "Young Russia Young ASEAN Expanding Regional Connection". Kali ini, diarahkan pada persiapan ASEAN Community. Para pemuda yang berasal dari ASEAN dan Rusia menuangkan berbagai gagasan untuk memperkuat hubungan Rusia dan ASEAN.

        Acara yang dihadiri lebih dari 100 pemuda yang berasal dari ASEAN dan Rusia, juga hadir Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Federasi Rusia dan Belarus Djauhari Oratmangun, Dubes Indonesia untuk ASEAN I Gede Ngurah Swajaya, Sekertaris Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Iwan Suyudie Amri, dan Sekretaris Bidang Politik KBRI di Rusia Rahadian Wisnu Broto.

         "Russia-ASEAN Youth Summit" awalnya diinisiasi oleh Indonesia bersama dengan Rusia untuk memperkuat masa depan Rusia dan ASEAN melalui pertemuan para pemuda," kata Djauhari Oratmangun.

         Far Eastern Federal University (FEFU) menjadi tempat yang dipilih untuk melaksanakan "summit" yang ketiga bekerja sama dengan berbagai media dan pemangku kepentingan Rusia serta GudLak ID dari Indonesia yang memfasilitasi penyeleksian delegasi Indonesia.

           Dias Khadijah delegasi Indonesia dari Universitas Indonesia dan Anggit Cisantra delegasi dari Universitas Brawijaya mengatakan bahwa "summit" kali ini memberikan banyak kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk berperan dalam ASEAN Community dan melakukan kerja sama antarpemuda ASEAN dan Rusia.

            Russia ASEAN Summit pertama dan kedua telah memberikan dampak untuk hubungan pendidikan dan kepemudaan Rusia dan ASEAN. Kali ini, untuk menyambut ASEAN Community, kerja sama ekonomi, budaya, dan keamanan menjadi fokus, demikian Victor Sumsky Director of ASEAN.

    ***2***
(T.H-ZG/C/D. Kliwantoro/D. Kliwantoro) 10-10-2015 18:59:44

Tidak ada komentar: