Kamis, 22 Oktober 2015

MOSKOW

HARI ASEAN DIPERINGATI DI MOSKOW

     Oleh Zeynita Gibbons

   London, 10/10 (Antara)-  Warga negara-negara anggota ASEAN di Rusia peringatan Hari ASEAN di Atrium Hall, Pushkin Museum of Fine Arts, Moskow, Rusia.

        Acara tersebut dihadiri para Duta Besar negara anggota ASEAN, para diplomat, pejabat pemerintah Rusia, tokoh masyarakat Rusia, dan media setempat.

        Resepsi Hari ASEAN diawali dengan menyanyikan lagu "The ASEAN Way" yang menjadi simbol kesatuan ASEAN dan dilanjutkan lagu kebangsaan Rusia yang dibawakan kelompok paduan suara Sekolah Indonesia Moskow (SIM), demikian keterangan dari Kedutaan Besar RI Moskow yang diterima Antara London, Sabtu.

         Acara dilanjutkan dengan pemutaran video presentasi mengenai ASEAN, yang menggambarkan secara singkat kondisi 10 negara anggota ASEAN dan komunitas ASEAN dengan tiga pilar ASEAN, yaitu pilar politik-keamanan, sosial ekonomi, dan sosial-budaya .

        Mewakili Dubes negara-negara ASEAN di Rusia, Dubes RI untuk Rusia, Djauhari Oratmangun  sebagai Ketua Komite ASEAN Moskow memberikan kata sambutan yang menjelaskan eratnya kemitraan antara ASEAN dan Rusia maupun perkembangan komunitas ASEAN beserta tiga pilarnya.

        Sementara itu, Alexander Ivanov, yang merupakan Ambassador at Large for ASEAN Affairs, dalam sambutannya menyatakan bahwa Rusia menjunjung tinggi kerja sama dengan ASEAN dan senantiasa berupaya mengembangkan kerjasama di semua bidang.

        Dubes Ivanov mengatakan potensi kerjasama kedua pihak akan dibicarakan lebih lanjut pada 20th ASEAN-Russia Commemorative Summit pada Mei 2016 di Sochi, Rusia.

         Resepsi Hari ASEAN juga dilakukan dengan pemotongan kue, suguhan penampilan budaya dan lagu negara-negara ASEAN, pameran foto bersama, maupun sajian kuliner khas 10 negara ASEAN.

        Indonesia menyajikan kuliner nasi goreng dan sate ayam bagi para tamu undangan Resepsi ASEAN Day.

         Sejak dibentuk pada 8 Agustus 1967, ASEAN memiliki kerjasama dengan sejumlah mitra wicara, termasuk Rusia.

         Rusia telah menjadi mitra wicara penuh ASEAN sejak 1996 dan hingga kini berbagai kerjasama ASEAN dan Rusia semakin berkembang dalam berbagai bidang.

    ***2****
(T.H-ZG/C/Santoso/Santoso) 10-10-2015 17:16:22

Tidak ada komentar: