Kamis, 22 Oktober 2015

ITALIA

TARIAN BUMI" DITERJEMAHKAN DALAM BAHASA ITALIA
     Oleh Zeynita Gibbons

   London, 13/10 (Antara) - Novel "Tarian Bumi" karya Oka Rukmini yang bercerita tentang kehidupan perempuan dalam budaya Bali telah  diterjemahkan dalam bahasa Italia dengan judul "La Danza Della Terra".

        Menurut Counsellor Pensosbud KBRI Roma Aries Asriadi, Selasa,  telah dilakukan serangkaian promosi, bedah novel dan seminar literatur di Milan, Napoli dan Roma.

        "La Danza Della Terra" diterjemahkan  Dr Antonia Soriente, pengajar Bahasa Indonesia di Universitas Napoli dan Ilaria Gallo yang pernah menerima beasiswa Dharmasiswa dari Pemerintah Indonesian.

        Guna mempromosikan novel karya anak bangsa ini, KBRI di Roma mendatangkan Oka Rukmini ke Italia dan melakukan serangkaian acara promosi dilaksanakan bedah novel dan seminar literatur di Milan, Napoli dan Roma untuk mengenalkan "La Danza Della Terra" kepada khalayak di Italia.

        Promosi novel ini mendapatkan sambutan  dari pecinta literatur di Italia yang terlihat  antusiasme dalam acara bedah novel dan seminar literatur Indonesia di ketiga kota tersebut. Terdapat keinginan beberapa kalangan di Italia untuk mengenal lebih jauh karya-karya penulis dari luar Eropa seperti dari Asia khususnya Indonesia.

        Namun demikian, novel dan literatur mengenai Indonesia yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Italia masih sangat terbatas. Karena itu, novel "La Danza Della Terra" disambut baik  pecinta literatur di Italia.

        Keberhasilan promosi novel "La Danza Della Terra" ini juga dapat dicapai berkat kerja sama dengan kelompok penerbitan dan toko buku, universitas dan lembaga budaya di Italia. Promosi novel di Milan dilaksanakan di Casa della Cultura bekerjasama dengan Italia-Asia Foundation .

        Di Napoli diselenggarakan bedah buku di Eva Café-Libreria serta seminar di Universitas l'Orientale dan bedah novel di Toko Buku Mandadori, Nocera. Promosi novel ini ditutup dengan promosi dan bedah novel di Toko Buku Mandadori, Roma.

        Promosi novel ini adalah bagian dari upaya KBRI Roma untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya Indonesia kepada publik Italia guna mendorong saling pengertian dan mendekatkan hubungan antar masyarakat.
   Beberapa aktivitas lain yang dilakukan dalam rangka promosi budaya dalam tahun 2015 antara lain adalah promosi film Indonesia, kesenian dan tarian daerah, gastronomi serta pemberian beasiswa kepada mahasiswa Italia untuk belajar sastra dan budaya Indonesia.

        Oka Rusmini, penulis Indonesia menghadiri Frankfurt Book Fair  2015 pada saat Indonesia menjadi tamu kehormatan di ajang buku terbesar di dunia. Novel "Tarian Bumi" diterjemahkan ke dalam Bahasa Italia dengan bantuan subsidi dari Translation Funding Program Kementerian Pendidikan Republik Indonesia tahun ini. ***4***

(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 13-10-2015 23:02:1

Tidak ada komentar: