Sabtu, 05 Maret 2016

ESSEX

SYAFII ANTONIO: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TEPIS ISU "ISLAMOPHOBIA"

          Zeynita Gibbons

    London, 1/3 (Antara) - Pakar keuangan syariah Dr Muhammad Syafii Antonio mengatakan, pemberdayaan masyarakat dibutuhkan untuk menepis tudingan negatif terhadap umat muslim, khusunya terkait isu islamophobia atau anti-Islam di negara-negara Barat.

         Hal itu diungkapkan Ketua Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) TAZKIA tersebut pada acara diskusi yang digelar Perhimpunan Pelajar Indonesia Essex, di kampus Universitas Essex, Colchester, Inggris, demikian Sekretaris PPI Essex Hasna Azmi Fadhilah kepada Antara London, Selasa.

         Diakuinya maraknya isu islamophobia di negara Barat, mengakibatkan banyak umat Muslim yang kemudian berlomba-lomba menyalahkan media. Namun, apakah hanya media yang patut disalahkan? Tentu tidak, berbagai upaya diperlukan untuk menepis tudingan negatif terhadap umat Islam, ujarnya.

         Menurut Syafii Antonio, kuncinya adalah pemberdayaan masyarakat, karena citra buruk yang melekat pada umat muslim mungkin tidak semuanya benar, tapi ketika melihat peta dunia dan mengulik fakta-fakta umum di negara-negara mayoritas muslim. Diakuinya umat muslim seringkali salah kaprah dengan yang namanya hukum Islam seperti fardu kifayah di mana suatu ibadah bila sudah ditunaikan orang lain, kewajiban tersebut gugur pada yang lainnya.

         Dan umumnya hal tersebut hanya dikaitkan dengan ritual ibadah, tidak dihubungkan dalam kehidupan sehari-hari. Situasi yang sama juga terjadi pada ekonomi umat Islam. Ketika melihat potensi populasi umat Islam, bila hukum statistik korelasi positif bekerja dengan baik, harusnya semakin banyak umat muslim, semakin tinggi kesejahteraannya.

         Namun asumsi ini bertolak belakang dengan fakta yang ada, jangankan kesejahteraan. Umat muslim seringkali dininabobokkan oleh anggapan bahwa ibadah dalam Islam hanya terkait dengan sholat dan mengaji saja, padahal seluruh aspek kehidupan umat Muslim diatur oleh Islam. Melihat hal ini, tidaklah mengejutkan bila potensi zakat dan peningkatan sarana ibadah lainnya terhambat. Karena pemerintah belum dapat menyejahterakan rakyatnya. Belum lagi umat muslim yang kaya dan mau berbagi karena yang terjadi semakin kaya seseorang, semakin kurang kedekatannya dengan agama.

         Situasi ini menggerakkan ketua Tazkia itu menyerukan untuk terlibat dalam menggerakkan ekonomi Islam yang memiliki potensi luar biasa, apabila dapat berkembang pesat, menggerakkan umat berbuat baik juga lebih mudah. Masalahnya sekarang adalah umat Islam banyak yang kekurangan, ketika diminta berzakat, waqaf, merasa keberatan karena belum dapat memenuhi kebutuhan pokoknya.

         Menurut Syafii Antonio, ketika umat Islam belum dapat menguasai lapisan utama ekonomi, tentu akan sangatlah mudah bagi pihak yang tidak menyukai Islam untuk memecahbelah umat. Melalui produksi ekonomi inilah, ia mengusulkan solusinya yang diharapkan dapat menjadi fondasi dasar memperbaiki kesejahteraan umat.

         Misalnya berhaji, begitu banyak hal-hal yang dapat dijadikan potensi ekonomi yang dikuasai non muslim. Bahkan urusan akomodasi di Mekkah pemiliknya rata-rata non muslim. Selain itu umat Islam juga jauh tertinggal dari segi inovasi, belum ada satu negara muslim pun menjadi desainer atau produsen alat komunikasi kenamaan, demikian Syafii Antonio. (ZG) ***4***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 01-03-2016 05:50:33

Tidak ada komentar: