Senin, 28 Maret 2016

INDUK

WNI DI LONDON BELAJAR FINANCIAL PLANNING
     Oleh Zeynita Gibbons
    London,21/3 (Antara) - Para WNI sekaligus pekerja migran di London yang tergabung dalam Indonesia Network Development UK (INDUK), bekerjasama dengan KBRI London  menggelar pertemuan bulanan dengan menampilkan narasumber bank BNI cabang London yang dipimpin langsung  General Manager BNI London,  Teddy Erdius Ekasaputra yang diadakan di KBRI London, Minggu.

         Dalam pertemuan hadir sekitar 40 peserta mendiskusikan tema perencanaan keuangan dan remitansi untuk merencanakan masa depan yang lebih baik dan sejahtera, demikian sekretaris tiga Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI London, Anisa Farida kepada Antara London, Senin.

         Dalam presentasinya,  Teddy Ekasaputra menjelaskan dalam merencanakan keuangan harus ada skala prioritas dan pembagian yang terukur antara pos untuk kebutuhan hidup sehari-hari dengan pos tabungan dan pos investasi jangka panjang.  
    Dikatakannya investasi pun harus dilakukan secara "SMART", yaitu Simple, Measurable, Attainable, Reasonably, dan Timely". Dijelaskan pula mengenai produk remitansi BNI yang dapat dimanfaatkan oleh pekerja migran untuk mengirimkan uang ke keluarga di Indonesia.

         Dalam sesi diskusi dan tanya jawab interaktif, peserta terlihat antusias untuk bertanya mengenai perencanaan keuangan yang baik maupun menyumbangkan ide untuk kemudahan transaksi remitansi.

         Sebagai penutup, pelaksana fungsi KBRI London,  Ilham Effendy, atas nama Dubes RI London, menyampaikan penghargaan bagi peran serta BNI untuk memperkaya wawasan pekerja migran di London serta memberikan pujian bagi kerja keras dan resiliensi pekerja migran Indonesia di Inggris yang sebagian bahkan berhasil mengembangkan kapasitas hingga menjadi semi-skilled worker di Inggris.

         Lebih lanjut, pekerja migran di Inggris yang kebanyakan lebih sejahtera daripada rekan pekerja migran di negara lain merupakan potensi yang cukup besar untuk berkontribusi terhadap peningkatan devisa negara.

         Sejak berdirinya INDUK pada tahun 2010, KBRI London terus memberikan dukungan dalam berbagai kegiatannya. Hal ini merupakan salah satu bentuk perwujudan kehadiran negara dalam melindungi dan melayani warganegaranya di luar negeri.***4***
(ZG)
(T.H-ZG/B/A. Lazuardi/A. Lazuardi) 21-03-2016 17:35:11

Tidak ada komentar: