Sabtu, 05 Maret 2016

PERANCIS

INDONESIA TAMU SALON TOURISME DE NANTES PRANCIS
     Zeynita Gibbons

    London, 3/3 (Antara) - Indonesia diwakili Kementerian Pariwisata RI dan KBRI Paris menjadi "pays d'honneur" atau negara tamu pameran pariwisata Salon International du Tourisme de Nantes di kota Nantes, guna mempromosikan pariwisata Tanah Air khususnya di Prancis.

         Pada Salon International du Tourisme de Nantes ke-17, Indonesia melibatkan perwakilan dari industri pariwisata seperti Garuda Holiday France, Azimuth Travel, Kampoeng Kita, Melati Putih Hijau, Eka Voyages dan Don Biyu Munduk, demikian Minister Counsellor Pensosbud KBRI Paris, Henry R Kaitjily kepada Antara London, Kamis.

         Dikatakannya lebih dari 40.000 pengunjung sebagian besar terdiri dari keluarga dengan anak, pasangan usia pensiun, dan mahasiswa pendidikan pariwisata meramaikan pameran SIT Nantes yang sebagian besar mengunjungi stan Indonesia sebagai negara tamu.

         Para pengunjung mencari informasi mengenai Indonesia dengan touchscreen interaktif yang menjelaskan berbagai destinasi unggulan serta berfoto pada photobooth corner dengan 12 pilihan pemandangan alam Indonesia, dan menikmati penampilan misi kesenian Indonesia yang menampilkan tarian dari berbagai daerah.

         Kesempatan ini dimanfaatkan untuk memperkenalkan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan 10 destinasi prioritas di Tanah Air adalah Bali, Jakarta, Batam, Medan, Makassar, Yogya-Solo-Semarang, Bunaken-Wakatobi-Raja Ampat, Lombok, Bandung dan Banyuwangi melalui brosur, flyer dan video.

         Paviliun Indonesia juga mengelar acara "Indonesian Night" yang dihadiri Duta Besar RI, Dr. Hotmangaradja Pandjaitan dan Asdep Pengembangan Pasar Eropa, Amerika, Afrika dan Asia, Ny Nia Niscaya bersama lebih dari 400 peserta pameran yang menikmati kuliner khas Indonesia dan tarian tradisional dari Jawa Tengah dan Sumatera Barat.

         Peserta pameran juga berkesempatan memenangkan dua paket  perjalanan ke Indonesia dengan mengikuti penarikan undian berhadiah yang disponsori Kementerian Pariwisata. Selain itu KBRI Paris dan  Garuda Indonesia Holiday France serta Qatar Airways mengadakan undian berhadiah paket perjalanan ke Indonesia untuk dua orang.

         Dalam kesempatan itu Indonesia memperkenalkan VITO France pada acara Salon International du Tourisme de Nantes, yang dipimpin Eka Moncarré yang melakukan presentasi destinasi pariwisata Indonesia dihadapan tour operator/travel agent local dan pengunjung pameran.

         Menurut statistik nasional Prancis, INSEE, penduduk di pantai barat (provinsi Bretagne dengan ibukota Rennes dan Pays de la Loire dengan ibukota Nantes) termasuk provinsi dengan pendapatan per-kapita tertinggi di Prancis, yang memiliki potensi besar untuk kegiatan liburan/pariwisata ke luar negeri. Tercatat jumlah wisatawan Prancis yang berlibur ke Indonesia mencapai 200 ribu wisatawan dengan target untuk tahun ini diharapkan mencapai 250 ribu orang berlibur ke Indonesia. (ZG) ***3***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 03-03-2016 05:41:49

Tidak ada komentar: