Kamis, 17 Maret 2016

NYEPI DI BELANDA

TOKOH AGAMA HADIRI PERINGATAN TAHUN BARU SAKA DI BELANDA

     Oleh Zeynita Gibbons

     London, 13/3 (Antara) -  Umat  Hindu di Eropa, khususnya di Belanda memperingati upacara Tahun Baru Saka 1938 bertema  "Kebhinnekaan Menuju Kemanunggalan", di Aula Nusantara KBRI Den Haag, Belanda, Sabtu.

           Duta Besar RI untuk Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, mengharapkan umat Hindu yang ada di Belanda   menjaga keharmonisan dan perdamaian.

         Minister Counsellor Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Den Haag, Belanda, Azis Nurwahyudi kepada Antara London, Minggu mengatakan, peringatan hari raya Nyepi diawali dengan upacara sembahyang agama Hindu dan dilanjutkan perayaan bersama masyarakat umum, termasuk tokoh agama Islam, Kristen dan Katholik.

         Acara perayaan Tahun baru saka 1938 diawali dengan Tari Pendet dengan luwes ditarikan tiga penari berdarah campuran Bali dan Belanda. Selain itu juga ditampilkan Tari Taruna Jaya, Joget Muani dan Legong Kraton.

          Duta Besar Wesaka Puja turut memainkan kendang bersama anggota Banjar Suka Duka, kelompok gamelan binaan KBRI Den Haag yang memainkan lagu Mamendet dan Gilak. Selain dihibur dengan gamelan dan tarian, tamu yang hadir disuguhi aneka makanan khas Bali seperti Lawar Ayam, Lawar Sayur, Sate Lilit, Sate Ayam, dan Garang Asem.

           Suasana terasa seperti di Pulau Dewata karena tempat perayaan dihiasi payung dan kain khas Bali dilengkapi dengan aneka buah dan bunga yang dirangkai menjadi sesaji layaknya yang ada di pulau Dewata.

          I Gede Artadi, salah seorang warga Bali yang lama tinggal di Belanda menyampaikan  peringatan Hari Raya Nyepi kali ini selain untuk meningkatkan keimanannya, juga ajang bertemu sesama warga asal Bali sebagai obat rindu akan tanah kelahirannya.
     Ketua Panitia Ni Luh Dian Eka Suryani mengatakan  masyarakat Hindu yang hadir tidak hanya dari Belanda tetapi juga dari Belgia dan Jerman sehingga peringatan Nyepi tahun ini cukup ramai.

         Setiap tahun, KBRI Den Haag merayakan hari-hari besar keagamaan sebagai bagian dari kegiatan bersama masyarakat Indonesia.  Acara Peringatan hari raya Nyepi tahun ini semakin semarak  dengan kehadiran Dubes Wesaka Puja yang berasal dari Bali dan baru memulai tugasnya di Belanda bulan Februari lalu. ***4***    
(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 13-03-2016 06:08:57

Tidak ada komentar: