Senin, 28 Maret 2016

QATAR

PAMERAN TERBESAR TRADE EXPO INDONESIA DI QATAR
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 28/3 (Antara) - Trade Expo Indonesia (TEI) 2016 yang merupakan ajang pameran tahunan terbesar di Indonesia digelar dalam bisnis forum ASEAN Embassies - Kadin Qatar yang diadakan ASEAN Community in Doha (ACD) dan Industry (QCCI), Minggu (27/3).

         Counsellor KBRI Qatar, Boy Dharmawan kepada Antara London, Senin menyebutkan, selain Indonesia, negara anggota ASEAN lainnya yang turut memaparkan potensi investasi dan usahanya yaitu Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

         Acara yang dihadiri sekitar 200 pelaku usaha ASEAN dan Qatar itu, diawali sambutan Wakil Ketua QCCI, Muhammed Bin Ahmed Bin Towar Al Kuwari dan Ketua ACD 2016 Dubes Singapura Wong Kwok Pun.

         Dubes Singapura menjelaskan potensi dan peluang pasar di ASEAN serta peran dan upaya ACD meningkatkan hubungan Qatar dan negara-negara ASEAN. Diutarakan ASEAN merupakan pasar yang memiliki potensi besar dengan jumlah penduduk sekitar 620 juta dan menjadi salah satu mitra penting bagi Qatar.

         Wakil Direktur Indonesia Trade Promotion Centre Dubai, Abu Dhabi, Bagas Haryotejo, mengatakan Trade Expo Indonesia (TEI) 2016 merupakan ajang pameran tahunan terbesar di Indonesia. Dikatakannya  TEI pada 2015 dihadiri 1.046 ekshibitor dan dihadiri lebih dari 14 ribu pelaku usaha dari mancanegara. Selain promosi TEI ia juga menyampaikan potensi usaha dan investasi di bidang hilirisasi produk agribisnis dan pertambangan.

         Dubes RI untuk Qatar, Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Basri Sidehabi menyebutkan seminar tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan Dubes ASEAN ketika diketuai Indonesia dengan QCCI pada 13  Desember lalu.

         Dalam pertemuan one-on-one meeting, Dubes Sidehabi menyampaikan berbagai langkah kongkret dan strategi yang dilakukan pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai tujuan usaha dan investasi yang menarik bagi investor dalam dan luar negeri, antara lain melalui online system dan one stop service.

         Ditambahkan, bagi investor dengan kriteria tertentu, Indonesia akan mempercepat pengeluaran izin usaha maksimal tiga jam khususnya yang berlokasi di Kawasan Industri.

         Berdasarkan pengamatan dan tanggapan peserta, pada umumnya pelaku usaha dan investor Qatar memandang ASEAN khususnya Indonesia sebagai negara tujuan usaha dan investasi. Hal tersebut tercermin dengan meningkatkan realisasi investasi Qatar di Indonesia.

         Dubes Sidehabi mengutarakan komitmen investasi Qatar ke Indonesia menunjukkan kecenderungan meningkat sejak kunjungan Presiden Joko Widodo pada September 2015. Disampaikan guna meningkatkan arus investasi asing, pemerintahan Jokowi-JK  mengeluarkan paket-paket kebijakan investasi untuk memangkas birokrasi. (ZG) ***3***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 28-03-2016 06:02:30

Tidak ada komentar: