Kamis, 17 Maret 2016

IMO

DUBES: INDONESIA BERKOMITMEN BERPERAN AKTIF DI IMO
     Oleh Zeynita Gibbons

   London, 16/3 (Antara) - Wakil Tetap RI untuk Organisasi Maritim International (IMO) Dubes Rizal Sukma, yang juga merupakan Duta Besar RI untuk Kerajaaan Inggris merangkap Irlandia, menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus berperan aktif sebagai anggota IMO.

        Komitmen itu disampaikan Rizal Sukma pada saat menyerahkan "Letter of Introduction" sebagai Wakil Tetap RI untuk Organisasi Maritim International (IMO) kepada Sekretaris Jenderal IMO, Kitack Lim, kata Atase bidang Politik KBRI London Dindin Wahyudin kepada Antara London, Rabu.

        Dubes Rizal Sukma mengatakan keberadaan IMO menjadi sangat penting bagi Indonesia mengingat Presiden Joko Widodo menjadikan maritim, khususnya pembangunan transportasi laut serta perikanan, sebagai salah satu prioritas pemerintahannya.

        Sekjen IMO menyambut baik penunjukkan Rizal Sukma sebagai Watap RI untuk IMO dan menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama dengan Indonesia di bidang keselamatan dan keamanan pelayaran serta pencegahan polusi laut oleh kapal.

        Sebagai salah satu badan khusus PBB, IMO juga turut memberikan solusi terhadap permasalahan lainnya yang terjadi di laut seperti perubahan iklim dan migrasi manusia.

        Sekjen IMO secara khusus menyampaikan ketertarikannya terhadap program "Poros Maritim" dari Presiden Joko Widodo.

        Untuk itu pihaknya menyampaikan undangan kepada Presiden RI untuk berpidato mengenai kebijakan maritim Indonesia di sela-sela sidang IMO yang dihadiri perwakilan dari 171 negara anggota IMO.***1***

(T.H-ZG/B/G.N.C. Aryani/G.N.C. Aryani) 16-03-2016 09:16:58

Tidak ada komentar: