Senin, 28 Maret 2016

QATAR

RISMA MANFAATKAN PELUANG PASAR KERAJINAN DI QATAR
          London, 26/3 (Antara) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memanfaatkan peluang pasar kerajinan tangan di Qatar, terutama bagi produk ekspor sejumlah usaha mikro, kecil, dan menengah di daerahnya.

         "Kami membina banyak UMKM dan sedang mencari peluang guna memasarkan produk mereka," ujarnya saat singgah di Qatar pada acara silaturahmi dengan Dubes RI untuk Qatar Muhammad Basri Sidehabi sebagaimana rilis yang dikirimkan Konsuler KBRI Qatar Boy Dharmawan kepada Antara di London, Inggris, Sabtu.

         Risma yang baru saja menerima Ideal Mother Award dari Universitas Kairo, Mesir, sangat tertarik dengan kerajinan tangan yang dijual di Dhoha, khususnya di pasar tradisional Souq Wakif yang umumnya barang impor.

         Selain kerajinan, dia juga melihat peluang bagi tenaga kerja Indonesia yang bisa bekerja di Qatar. "Kami akan siapkan tenaga kerja untuk dikirim ke Qatar bila perlu," ujarnya.

         Dalam singgah tujuh jam di Dhoha itu, dia memberikan wawasan kepada para TKI.

         Dalam pertemuan yang berlangsung dalam suasana hangat dan bersahabat, Dubes Sidehabi mengapresiasi kunjungan Risma. Mantan Irjen TNI dan anggota DPR tersebut, menjelaskan bahwa hubungan ekonomi dan perdagangan RI-Qatar terbuka lebar.

         Mantan Pilot F-16 pertama Indonesia itu mengutarakan kiprah dan kontribusi WNI di Qatar  yang diperkirakan berjumlah 40 ribu jiwadi Qatar.

         Risma didampingi Sekretaris Daerah Kota Surabaya Hendro Gunawan dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana Nanis Chairani mengunjungi dua kota fenomenal hasil reklamasi di Qatar, Pearl dan Lusail yang masih dalam tahap pembangunan.

         Kota Lusail merupakan kawasan pinggiran dan penunjang kota Dhoha yang menjadi ajang sirkuit balap MotoGP.

         Selain itu, pemerintah Qatar mengalokasikan dana 200 miliar dolar AS untuk pembangunan berbagai sarana infrastruktur, stadion, dan jaringan kereta api guna menyukseskan pelaksanaan kejuaraan sepak bola Piala Dunia 2022.
    Risma mengagumi perencanaan tata kota Dhoha yang sangat modern dan teratur, penegakan hukum dan sistem yang tepat merupakan kunci keteraturan kota dan kedisiplinan masyarakat. ***3***
(T.H-ZG/B/M.I. Ilmie/M.I. Ilmie) 26-03-2016 05:13:21


Tidak ada komentar: