Senin, 28 Maret 2016

ILUNI

ILUNI UI Qatar, Dubes Sidehabi bahas potensi ekonomi dan peluang TKI di Qatar
Selasa, 29 Maret 2016 02:39 WIB - 3.438 Views

Pewarta: Zeynita Gibbons



London (ANTARA News) - Potensi ekonomi dan peluang tenaga kerja Indonesia di Qatar menjadi pembahasan saat Dubes RI untuk Qatar, Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Basri Sidehabi menerima 25 delegasi ILUNI UI Qatar yang dipimpin Erol Tendean di KBRI Doha, Qatar.

Pertemuan berlangsung dalam suasana hangat dan bersahabat bersama ILUNI UI Qatar yang memiliki sekitar 90 anggota umumnya bekerja di berbagai sektor ekonomi dan perdagangan khususnya sektor minyak dan gas, demikian Pelaksana Fungsi Politik KBRI Doha, Boy Dharmawan, kepada Antara London, Selasa.

Dalam kesempatan itu Dubes Sidehabi menyampaikan pujiannya dengan kontribusi ILUNI UI Qatar yang patut dicontoh. Dubes kelahiran Sengkang, Sulawasi Selatan ini juga menyampaikan harapannya agar organisasi masyarakat Indonesia lainnya yang ada di Qatar dapat mencontoh ILUNI UI. Dubes mengharapkan adanya peningkatan sinergi antara KBRI Doha dan Iluni UI Qatar agar masa bhaktinya di Qatar memberikan manfaat yang maksimal bagi nusa dan bangsa khususnya dalam bidang investasi dan perdagangan termasuk tenaga kerja.

Mantan Komandan Sesko TNI tersebut tidak lupa menyampaikan visi misinya sebagai Dubes antara lain menyelesaikan berbagai MoU diantaranya MoU Business Counsel, Kerjasama Gas dan Minyak, Pertanian, Air Service dan Perjanjian Bebas Visa. Diharapkan setiap unsur warga negara Indonesia di Qatar khususnya warga negara Indonesia dapat berperan aktif mendukung peningkatan hubungan RI-Qatar.

Sementara itu , Erol Tendean mendukung peningkatan sinergi ILUNI UI Qatar dengan KBRI Doha agar potensi dan peluang tersebut dapat dimaksimalkan sehingga berdampak langsung terhadap kesejahteraan rakyat. Mantan FTUI juga menyampaikan komitmennya untuk menghimbau anggotanya agar lebih meningkatkan kontribusinya sehingga jumlah 40 ribu WNI akan meningkat. ILUNI UI Qatar menyampaikan saran dan rekomendasinya guna mendukung misi Dubes Sidehabi khususnya khususnya ekspansi tenaga kerja trampil Indonesia di Qatar.

Dalam kesempatan itu Erol yang menjabat sejak 2012 ini juga melaporkan para alumni UI di Qatar meluncurkan situs berjudul "Sahabatku" yang dilakukan Pelaksana Fungsi Politik KBRI Doha, Boy Dharmawan, dilanjutkan seminar mengenai ancaman dekadensi moral akibat arus globalisasi yang disaksikan sekitar 100 dispora Indonesia di Qatar.

Situs "Sahabatku" berupa bantuan konseling gratis yang diberikan para psikolog alumni UI melalui dunia maya guna membantu para remaja dan orang tua yang memiliki masalah kejiwaan anak anak dan remaja dalam menghadapi kehidupan di negara asing. ILUNI UI Qatar dibentuk 1 Oktober, 2012 ini selama ini terlibat aktif dalam berbagai kegiatan sosial budaya dan olah raga tidak hanya bagi kepentingan masyarakat Indonesia juga dalam berbagai event internasional di Qatar.
Editor: B Kunto Wibisono

Tidak ada komentar: