Minggu, 12 Juni 2016

CRENFIELD

PPI CRANFIELD GERAL "WORKSHOP" BAGI PENILITI INDONESIA
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 25/5 (Antara) - Persatuan Pelajar Indonesia Cranfield dan komunitas staf akademik di Cranfield University, UK yang tergabung dalam "CRISCOM" menggelar "workshop" bagi peniliti muda dan calon doktor Indonesia yang menuntut ilmu di Inggris bertempat di Stafford Cripps, Cranfield University, Inggris.

         Ketua penyelanggara workshop Supriana Suwanda kepada Antara London, Rabu menyebutkan workshop bertujuan membantun mahasiswa Indonesia dalam melaksanakan penelitiannya, dengan metodologi yang tepat, baik kualitatif maupun kuantitatif.
         Dikatakan animo mahasiswa Indonesia cukup besar tercatat 50 orang peserta berasal dari universitas bergengsi di Inggris seperti Oxford, Imperial College, Manchester, Nottingham, Loughborough, Liverpool dan juga dari Cranfield.
         Dr Benny Tjahjono, dosen senior di bidang "logistics dan supply chain" di Cranfield dan pendiri CRISCOM, mengatakan kendala utama yang dihadapi peneliti muda adalah bagaimana hasil penelitiannya bisa dipublikasi di jurnal internasional.
         Workshop diawali sambutan Prof Sir Peter Gregson, Rektor Cranfield University menyambut baik acara ini dan menginformasikan saat ini Cranfield University berada di urutan pertama sekolah eksektif bidang manajemen dan teknologi di dunia.
         Sementara itu, Dubes RI di London Dr Rizal Sukma menyampaikan empat tantangan yang dihadapi peneliti. Pertama riset merupakan proses belajar yang "lonely" dengan adanya acara CRISCOM berharap peneliti dapat saling berbagi dalam menyelesaikan risetnya.
         Kedua, posisi Indonesia yang lemah dalam peta ilmu pengetahuan dunia untuk itu dubes berpesan agar mahasiswa dan peneliti siap berkompetisi menaikkan peringkat Indonesia di mata dunia.
         Ketiga, dubes menyoroti kurangnya apresiasi dari masyarakat khususnya di Indonesia untuk kegiatan riset. Dubes memberikan semangat kepada mahasiswa pantang menyerah menulis dan mempublikasikan hasil penelitiannya.
         Acara dilanjutkan dengan diskusi terbuka, di mana peserta dapat berdialog dengan Dubes Dr Rizal Sukma dan Prof Lynette Ryals, Wakil Rektor bidang Pendidikan dari Cranfield yang aktif mempublikasikan hasil risetnya di bidang manajemen dan pemasaran.
         Rangkaian acara workshop riset mengenai kajian literatur  disampaikan Prof David Denyer dan Heather Woodfield ditutup dengan "gala dinner" dengan sajian kuliner khas Indonesia dan dimeriahkan acara "live music" dari CRISCOM band.
         Salah satu peserta, Niniet Arvitrida dari Loughborough University gembira adanya acara ini, panitia sangat "welcome" kepada peserta. Niniet berharap dapat menambah ilmu dari acara dan juga menambah teman.

    ***4*** (T.ZG)
(T.H-ZG/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 25-05-2016 09:25:25


  
   ...   

Tidak ada komentar: