Kamis, 30 Juni 2016

KANADA

HUBUNGAN INDONESIA-KANADA DIHARAP MENINGKAT
     Oleh Zeynita Gibbons


   London, 26/6 (Antara) - Hubungan Indonesia dan Kanada diharapkan terus meningkat Seiring dengan peran masing-masing negara di kawasan.
        Keterangan pers Consul KJRI Vancouver, Yudhono Irawan kepada Antara London, Minggu menjelaskan pandangan itu disampaikan Dubes Leonard J.Edwards, dalam diskusi bertema "Forging the New Canada-Indonesia Partnership" yang diadakan KJRI Vancouver bekerja sama dengan The Center for International Governance Innovation (CIGI).
        Dubes Leonard J. Edwards, anggota kehormatan The Center for International Governance Innovation CIGI tampil sebagai pembicara utama dalam diskusi yang dihadiri wakil dari Kementerian Perdagangan Internasional BC, Trade Commissioner Global Affairs Kanada, akademisi dari University of British Columbia dan Simon Fraser University, media, wakil dari  perusahaan besar di BC serta diaspora Indonesia di Vancouver.
        Lebih lanjut Dubes Leonard J.Edwards menilai Indonesia dengan luas geografi, jumlah penduduk, dan potensi ekonomi yang sangat besar  merupakan negara yang sangat berpengaruh, tidak saja di kawasan regional, namun juga pada tataran internasional.
        Oleh karena itu sudah saatnya Kanada memberikan perhatian lebih besar, ujar Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Kanada.
        Sementara ini, Konjen RI Vancouver Sri Wiludjeng menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Dubes Leonard J.Edwards dan mengharapkan roundtable discussion tersebut dapat memberikan pemahaman kepada para pemangku kepentingan terkait mengenai potensi kerjasama di berbagai bidang yang dapat dikembangkan antara Indonesia - Kanada.
        Konjen  menggarisbawahi peningkatan hubungan bilateral Indonesia, khususnya dengan Provinsi BC, dalam dua tahun terakhir, antara lain ditandai dengan kunjungan Menteri Perdagangan Internasional BC dan misi dagang Southeast Asia Business Council serta beberapa perusahaan besar Kanada ke Indonesia  pada tahun  2015.
        Sebaliknya, juga terdapat kunjungan beberapa delegasi Indonesia ke Vancouver selama tahun 2015, khususnya pada acara Business Forum yang diselenggarakan  KJRI Vancouver bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan Internasional BC.
        Dalam sesi diskusi, terdapat beberapa pandangan yang mengemuka dari peserta, antara lain perlunya dukungan beasiswa dari lembaga pendidikan Kanada guna mendorong peningkatan jumlah pelajar dan mahasiswa Indonesia di Kanada serta perlunya pengenalan bahasa dan budaya Indonesia. 
   Selain itu, dipandang perlu adanya  penguatan capacity building di bidang kesehatan guna untuk memberi peluang masuknya tenaga medis Indonesia ke Kanada dan perlunya terobosan di bidang birokrasi di Kanada, antara lain menyangkut kemudahan dalam pemberian visa Kanada.

        Wakil diaspora Indonesia menyuarakan wacana skema dukungan pendanaan dari Kanada kepada lembaga diaspora Indonesia di Kanada, sehingga kelompok diaspora dapat berperan lebih besar dalam menunjang peningkatan hubungan bilateral kedua negara.
    ***3****
(T.H-ZG/C/P.H. Prabowo/P.H. Prabowo) 26-06-2016 12:45:33

Tidak ada komentar: