Selasa, 14 Juni 2016

PARIS

INDONESIA MERIAHKAN CARNAVAL TROPICAL DE PARIS 2016
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 7/6 (Antara) - KBRI Paris bersama asosiasi masyarakat Indonesia di Paris berpartisipasi pada acara tahunan "Carnaval Tropical de Paris 2016" yang diselenggarakan Ville de Paris, Fédération du Carnaval Tropical de Paris, dan Ile-de-France.

         Keikutsertaan Indonesia dalam karnaval dalam rangka mempromosikan budaya Indonesia, demikian Minister Counsellor KBRI Paris, Henry R W Kaitjily kepada Antara London, Selasa.
         Acara tahun ini dikaitkan dengan pelaksanaan Euro 2016 dan pencalonan Prancis sebagai tuan rumah Olimpiade 2024, tema karnaval yang diusung pada tahun ini adalah "Olahraga dan Budaya".
         Karnaval berlangsung akhir pekan menempuh jarak 2,5 km mulai dari Place de l'Hotel de Ville dan berakhir di depan gedung Cirque d'Hiver Filles de Calvaire.
         Peserta karnaval mencapai 2.500 yang terdiri atas 27 grup pemusik dan penari serta empat tamu undangan dan asosiasi yang berasal dari Brazil, Spanyol, Bolivia, Kosta Rika, Haiti dan Indonesia.
         Karnaval disaksikan sekitar 100.000 orang yang memadati jalur yang dilalui peserta karnaval diliput berbagai stasiun televisi khususnya France Télévision (France O) dan televisi Outremer Première.
         Peserta carnaval Indonesia menampilkan Barisan Nusantara dengan beraneka kostum dan musik dari berbagai kebudayaan di Indonesia diikuti Asosiasi Sekar Jagat Indonesia dengan tari dan musik Bali.
         Berikutnya, Asosiasi Gandong membawa musik dan tarian dari Maluku, Asosiasi Franco Indonesie/IKFI mempromosikan tari Kalimantan serta penampilan Asosiasi Pencak Silat KBRI Paris, Asosiasi Sulawesi Selatan (tari/musik Toraja) dan PPI Prancis/Paris.
         Masyarakat Prancis dan turis asing yang menyaksikan carnaval ini memberikan apresiasi dan sambutan meriah kepada barisan Indonesia yang tampil dengan budaya tari dan musik serta gerakan pencak silat yang menunjukan beragamnya budaya Nusantara.
         Diharapkan tahun 2017 barisan Indonesia dapat dimeriahkan dengan Reog Ponorogo, tari dan musik dari Papua dan daerah lainnya. Promosi pariwisata dan budaya Indonesia dapat disinergikan dan didukung Kementerian Pariwisata dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

    ***4*** (T.ZG)
(T.H-ZG/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 07-06-2016 10:06:03

Tidak ada komentar: