Selasa, 27 Maret 2018

BULGARIA

SOTO BANDUNG HADIR DI BULGARIA

Oleh Zeynita Gibbons

    London, 15/3 (Antara) - Soto Bandung menghangatkan Kota Bansko yang merupakan kota Ski di Bulgaria, di tengah cuaca  dingin.
         Selama dua malam berturut-turut para pengunjung menikmati hangatnya hidangan Soto Bandung dan berbagai pilihan makanan yang menggoda dalam acara "Indonesian Culinary Night", kata Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Sofia, Nurul Sofia, Kamis
    Berbagai kuliner Indonesia seperti nasi kuning, soto ayam, lidah cabe ijo, sate ayam, sate kambing, mie goreng, bakwan jagung, dadar gulung, hingga onde onde menjadi favorit warga Bulgaria dan juga tamu internasional di Kota Bansko.
         Selain itu berbagai produk Indonesia seperti Kopi Luwak, kolang kaling, gula merah diimpor pengusaha lokal juga dipamerkan dalam acara tersebut.
          "Indonesian Culinary Night" diadakan atas kerja sama calon Konsul Kehormatan Republik Indonesia di Bansko, Kempinski Hotel Bansko dan KBRI Sofia. Pada acara malam pembukaan juga ditampilkan berbagai tarian tradisional Indonesia yang dibawakan pemuda-pemudi Bulgaria dari grup tari binaan KBRI Sofia, Pesona Mawar Nusantara.
          Selain para turis, acara ini juga dihadiri  beberapa duta besar asing dan juga wakil Kementerian Luar Negeri Bulgaria yang sedang mengikuti Diplomatic Ski Tournament di kota Bansko yang merupakan Kota Ski terbaik di Bulgaria.
          Bulgaria terus mengembangkan destinasi wisata musim dinginnya untuk menjadi destinasi wisata dunia, harga yang ditawarkan untuk menikmati paket wisata ski jauh lebih murah dibanding di kawasan Eropa Barat.
          Berbagai duta besar negara sahabat seperti Korea Selatan, Afrika Selatan, Italia, Maroko dan Pakistan memuji lezatnya masakan ahli kuliner Indonesia dan mengapresiasi inisiatif Indonesia mengadakan  festival kuliner. Acara ini merupakan yang kedua kalinya diadakan setelah sukses  pada tahun sebelumnya.

          Selain beragam masakan nusantara, para tamu juga dapat melihat eksibisi berbagai kain tradisional nusantara seperti batik, songket dan tenun serta menikmati pameran foto wisata Indonesia di Hotel Kempinsi. 
     Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid mengharapkan dengan promosi terpadu seperti ini  kuliner Indonesia dan budaya nusantara semakin populer dan  akan dapat meningkatkan jumlah wisatawan dari Bulgaria ke Indonesia.  ***3***

(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 15-03-2018 21:01:21

Tidak ada komentar: