Rabu, 21 Maret 2018

MOSKOW

MENLU RETNO IKUT LATIHAN GAMELAN DI MOSKOW

Zeynita Gibbons

     London,13/3 (Antara) - Menlu RI Retno Marsudi menyempatkan diri untuk ikut berlatih gamelan dan nyinden bersama warga Rusia yang tengah mempelajari budaya dan gamelan Indonesia di Kedutaan Besar RIy di Moskow.
          Selain meninjau latihan gamelan Tim "Dadali Gamelan" dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Moskow, Menlu Retno bertemu warga Rusia yang mempelajari Bahasa Indonesia di kantor perwakilan pemerintah RI tersebut, kata Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow. Enjay Diana dalam keterangan tertulis kepada Antara London, Selasa.
         Saat bermain gamelan bersama tim "Dadali Gamelan" Menlu Retno ikut nyinden lagu Selendang Biru, Eling-eling Banyumasan, dan Gugur Gunung dalam bahasa Jawa bersama Yulia Ryzhaya, warga Rusia yang merupakan sinden "Dadali Gamelan".
         Retno mengagumi kemampuan Yulia dalam menembang Jawa, meski tidak tahu Bahasa Jawa.      
    Personil "Dadali Gamelan" sebagian besar adalah warga Rusia yang menggandrungi budaya budaya Indonesia. Salah satu personilnya Nikita Serdiuk mengatakan pernah ikut serta program Darmasiswa dan sempat belajar gamelan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.        
    Menlu memberikan apresiasi tinggi kepada para warga Rusia yang mendalami budaya Indonesia, termasuk belajar bahasa Indonesia dan berlatih gamelan di KBRI Moskow. Hal itu merupakan salah satu langkah untuk lebih mendekatkan hubungan masyarakat kedua bangsa.
          Selama melakukan kunjungan ke Moskow pada 12-13 Maret 2018, Menlu Retno bertemu dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov membahas peningkatan hubungan dan kerja sama kedua negara, khususnya di bidang ekonomi, serta isu-isu regional serta global yang menjadi perhatian bersama.

    ***4***
(T.H-ZG/B/R. Utami/R. Utami) 13-03-2018 23:14:54

Tidak ada komentar: