Minggu, 19 Agustus 2018

BERN

DUBES HARAPKAN WNI WUJUDKAN INDONESIA LEBIH MAJU
Zeynita Gibbons

London, 18/8 (Antara) - Duta Besar RI di Bern, Muliaman Hadad menyampaikan tema peringatan HUT Ke-73 RI "Kerja Kita Prestasi Bangsa" diharapkan mampu membangkitkan semangat rakyat Indonesia untuk terus bekerja bersama-sama dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik, sejahtera dan maju.

Perjuangan Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan adalah sejarah yang tidak boleh dilupakan sebagai fondasi untuk menatap masa depan.

Pensosbud KBRI Bern dalam keterangan yang diterima Antara London, Sabtu menyebutkan peringatan HUT Ke-73 RI diisi dengan upacara penaikan bendera yang didukung oleh anak-anak Indonesia usia 7 hingga 15 tahun sebagai pasukan pengibar bendera.

Adalah menjadi tradisi KBRI Bern untuk mengajak anak-anak sebagai bagian dari tim paskibraka menumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini meskipun anak-anak yang tinggal jauh dari Indonesia.

Sebagai bentuk prestasi bangsa, Didik Siswantoyo penggiat bela diri Perisai Diri di Jenewa memperagakan Pencak Silat, olahraga bela diri tradisional Indonesia.

Rangkaian peringatan HUT Ke-73 RI di KBRI Bern juga mengadakan perlombaan "vlogging" bertema "Kerja Kita Prestasi Bangsa" yang mendokumentasikan karya positif dari para Diaspora Indonesia di negara akreditasi.

Acara dilanjutkan dengan berbagai macam perlombaan khas 17-an. Tua dan muda, WNI dan WNA, pria dan wanita semuanya berpartisipasi memeriahkan perayaan 17 Agustus di Wisma Duta. Anak Indonesia sangat antusias mengikuti berbagai perlombaan khas 17 Agustus, antara lain lomba lari bendera, lomba balap karung, makan kerupuk, dan lain sebagainya.

Sementara itu, KBRI Bern juga mengadakan pemilihan Duta Kemerdekaan, untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat yang berperan serta aktif sebagai Duta dalam mempromosikan citra positif Indonesia di negara akreditasi.

Pemilihan Duta Kemerdekaan ini merupakan tradisi di KBRI Bern, yang pertama kali diadakan pada tahun 2011. Pada peringatan HUT Ke-73 RI kali ini dimenangkan Nanik Sarah, Diaspora Indonesia yang aktif mempromosikan kerajinan tangan Indonesia di Swiss dan sekitarnya.

Untuk memupuk semangat sportivitas, KBRI mengajak keluarga besar masyarakat Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam pertandingan olahraga, seperti pertandingan bowling, gaple dan jalan sehat diadakan di Wisma Duta RI Bern.

Selain memenangkan berbagai hadiah menarik dari berbagai jenis perlombaan, warga yang datang berkesempatan memenangkan "door prize" dengan hadiah utama dua unit sepeda dan hadiah menarik lainnya seperti kamera aerial.

Di tengah peringatan HUT Ke-73 RI, KBRI Bern juga tidak lupa mengajak para Diaspora Indonesia untuk meningkatkan solidaritas terhadap sesama, terutama korban bencana alam di Lombok. Hingga saat ini, KBRI Bern mengumpulkan CHF 1.100 atau sekitar 15 juta rupiah disumbangkan kepada korban bencana di Lombok.

***2*** (ZG)

(T.H-ZG/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 18-08-2018 21:59:21

Tidak ada komentar: