Minggu, 19 Agustus 2018

MOSKOW

TIGA PENDAKI INDONESIA CAPAI PUNCAK ELBRUS RUSIA
Oleh Zeynita Gibbons
London, 18/8 (Antara) - Tiga pendaki Indonesia Faldi Riswandi, Riza Husin dan Riki Andriansyah berhasil menaklukan puncak Gunung Elbrus, Rusia, pada 14 Agustus 2018.

Mereka mengenakan songket Sriwijaya di puncak gunung tertinggi di Eropa yaitu mencapai 5.624 meter dari permukaan laut.

Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana kepada Antara London, Jumat, menyebutkan tema ekspedisi para
pendaki adalah Songket Sriwijaya menyapa Eropa, yaitu Ekspedisi Pemakaian Songket Sriwijaya di puncak Elbrus sekaligus dalam rangka mempromosikan Asian Games 2018 dan peringatan HUT Ke-73 RI di Rusia.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus M Wahid Supriyadi menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas keberhasilan ketiga pendaki Indonesia yang telah membawa nama baik Indonesia.

Kesuksesan ini merupakan hasil dari niat dan usaha yang kuat. Mencapai puncak Elbrus tidaklah mudah. Selain jalur yang sulit karena salju, cuaca dan suhu dingin juga sangat berpengaruh pada perjalanan, ujar Dubes Wahid saat bertemu ketiga pendaki di acara perayaan Hari Ulang Tahun Ke-73 Kemerdekaan RI di KBRI Moskow, Jumat (17/8).

Ketiga pendaki adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palembang, Sumatera Selatan yang tergabung dalam Mapala Alfedya. Mereka tiba di Moskow pada Selasa (7/8) dan melanjutkan perjalanan ke Mineralny Vody kemudian ke Terskol pada Kamis (9/8). Setelah melakukan aklimatisasi, ketiganya mulai mendaki pada Senin (13/8).

Menurut Faldi, sebelum mendaki puncak tertinggi Elbrus, mereka melakukan tiga kali aklimatisasi ke puncak gunung yang berbeda yaitu Gunung Cheget (3.100 mdpl), Gunung Azau (3.700 mdpl) dan Gunung Pastukhov Rocks (4.500 mdpl).

Jalur pendakian yang tidak mudah, berselimut salju abadi, suhu udara yang dingin hingga minus 11 derajat Celcius bahkan mereka sempat mengalami mountain sickness namun tidak mematahkan semangat untuk mencapai puncak Elbrus.

"Summit attack kami mulai lakukan Selasa (14/8) sekitar dinihari dan mencapai puncak Elbrus pada pagi harinya," ujar Faldi sambil mengenang perjuangannya. 
Sementara itu, Riza mengatakan dari awal pelaksanaan ekspedisi ini Mapala Alfedya bermimpi untuk mencapai atap Eropa melalui puncak Elbrus yang merupakan salah satu puncak gunung tertinggi di Eropa dan dunia.

Diakui pendakian itu juga dalam rangka mempromosikan Asian Games 2018 dan peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI di Rusia. "Kami tidak menyangka perjalanan penggiat alam kami akan sampai sejauh ini. Dari Palembang sampai Moskow hanya bertiga dengan segala keasingan saat di Moskow. Kami berterima kasih banyak kepada Dubes Wahid dan KBRI Moskow atas dukungannya," ujar Riza.

Pada tahun 2017, ketiga pendaki ini sukses membawa songket khas Palembang ke salah satu puncak dunia yaitu Gunung Cartensz Pyramid di Papua, Indonesia. Pada tahun 2019 mereka berangan-angan dapat membawa songket Sriwijaya ke puncak Gunung Kilimanjaro di Afrika dan Aconcagua di Argentina.

Faldi, Riza dan Riki kembali ke Indonesia pada Sabtu (18/8). Sementara HUT Ke-73 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus mereka rayakan di KBRI Moskow bersama WNI di Rusia. (ZG) ***4***

(T.H-ZG/B/A. Salim/A. Salim) 18-08-2018 00:34:27

Tidak ada komentar: