Senin, 20 Agustus 2018

BRUSEL

DIAPORA DI BRUSEL GALANG DANA UNTUK LOMBOK
Zeynita Gibbons

London, 20/8 (Antara) - Diaspora Indonesia di Belgia menggalang dana untuk membantu masyarakat yang terkena gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Penggalangan dana dilakukan dalam bazar di KBRI Brusel dalam rangkaian peringatan kemerdekaan HUT Ke-73 RI di KBRI Brusel, Minggu.

Bazaar diikuti warga Indonesia di Belgia dan Belanda sekaligus untuk mempromosikan kuliner dengan adanya 15 booth yang menjual berbagai makanan khas Indonesia, demikian Pensosbud KBRI Brussel, Ance Maylany.

Dubes RI di Brusel Yuri O Thamrin dalam pembukaan bazar dan panggung gembira menyampaikan bahwa bazar dimanfaatkan untuk menunjukkan warga Indonesia di Belgia peduli terhadap warga di Tanah Air sedang tertimpa bencana alam.

Panitia bazar menjual tombola dalam pengumpulaan dana bagi korban bencana gempa di Nusa Tenggara Barat. Sumbangan sebanyak 2.000 Euro terkumpul dari para pengunjung bazar. Kurang lebih 1000 pengunjung bazar yang melebihi baaar tahun-tahun sebelumnya.

Dana bantuan rencananya disalurkan melalui Palang Merah Indonesia. Lebih dari 50 doorprize dibagikan kepada para pengunjung sebagai upaya pengumpulan dana lebih banyak.

Pembukaan bazaar juga menjadi tempat bagi warga Indonesia untuk menunjukkan bakat tari dan musik. Berbagai bakat unik tampil mengisi acara, antara lain Leo Fifty Five yang berdarah Belgia- Indonesia yang baru mengeluarkan album independen "Normalitude" yang masuk media "online" Spotify dan Youtube.

Selene's Garden, band asal Belgia yang berkolaborasi dengan pemusik asal Bali Made Wardana menampilkan musik ciptaannya hingga goyang dangdut dan penampilan band dan penyanyi berbakat dari Belgia dan Belanda yang menghibur pengunjung. 
Bakat pemusik warga dan diaspora Indonesia di Belgia dimanfaatkan untuk mengisi bazar tahun ini seiring dengan tema HUT RI "Kerja Kita Prestasi Bangsa" menghadirkan para bakat lokal dengan standar internasional.

Berbagai kegiatan dilakukan KBRI Brusel dalam merayakan HUT RI dengan mengundang partisipasi warga Indonesia di Belgia diantaranya berbagai lomba olahraga dan puncaknya upacara bendera.

Perayaan HUT RI menjadi istimewa saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke-18. Rangkaian peringatan HUT RI di Brusel juga dimanfaatkan untuk memperingati semangat sportivitas kegiatan olahraga di Indonesia dengan promosi Asian Games ke-18 dalam publikasi kegiatan.

Kegiatan peringatan pada 19 Agustus 2018 menjadi kegiatan penting bagi masyarakat dengan semangat kebersamaan dalam pesta rakyat serta unjuk bakat masyarakat Indonesia yang ada di Belgia. ***4***
(T.H-ZG/B/S. Muryono/S. Muryono) 20-08-2018 01:51:55




Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: