Minggu, 12 Agustus 2018

MOSKOW

TARI PERSEMBAHAN BUKA FESTIVAL INDONESIA DI MOSKOW
TARI PERSEMBAHAN BUKA FESTIVAL INDONESIA DI MOSKOWZeynita Gibbons
     Moskow, 4/8 (Antara) - Pemukulan alat musik tradisional asal Sumatera Utara "Godang" yang dilakukan bersama-sama Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Dubes Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus M Wahid Supriyadi, Jumat sore menandai dibukanya secara resmi Festival Indonesia yang berlangsung di Krasnaya Presnya Park,  2-5 Agustus mendatang.
         Pemukulan Gondang bersama-sama itu juga dilakukan Kepala Deputi Departemen ekonomi eksternal dan kerjasama internasional pemerintah kota Moskow, Ilya Kuzmin dan Direktur Pengembangan Pariwisata untuk Regional Eropa, Agustini Rahayu serta istri Gubernur Sumbar Nevi Zuairina dilanjutkan dengan Tari Persembahan yang dibawakan para penari dari Sumatera Barat.
           Acara pembukaan Festival Indonesia itu juga diawali dengan melantumkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Rusia oleh murid-murid dari Sekolah Indonesia Moskow bersama sekolah partner school dan sambutan Dubes Wahid Supriyadi, yang menjadi pengagas Festival Indonesia yang digelar untuk ketiga kalinya.
         Dubes Wahid Supriyadi dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu hingga Festival Indonesia bisa terselenggara, termasuk kepada Wali Kota Moskow Sergey Sobyanin yang menyediakan Taman Krasnaya Presnya secara gratis dan ucapan terima kasih  kepada seluruh staf KBRI Moskow.
         Dubes Wahid berharap Festival Indonesia semakin memperkuat persahabatan antara Indonesia-Rusia dan terus menumbuhkan hubungan persahabatan antara Indonesia dan Rusia.
          Menteri  Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang P.S. Brodjonegoro juga menghargai diadakannya Festival Indonesia untuk ketiga kalinya.
          Sementara Kepala Deputi Departemen ekonomi eksternal dan kerjasama internasional pemerintah kota Moskow, Ilya Kuzmin kepada Antara London, usai pembukaan secara resmi menyampaikan kebahagiaannya dengan terlaksananya Festival Indonesia. "I am happy to you be our guest".
       Diakuinya nama Indonesia khususnya Bali cukup populer di kalangan wisatawan Rusia untuk itu diharapkannya Indonesia dan Rusia bisa saling bergandengan tangan dalam meningkatkan persahabatan antara kedua negara.
           Festival Indonesia dimeriahkan dengan beberapa pangung yang menampilkan berbagai kesenian dan budaya berbagai daerah di Indonesia dengan sekitar 85 booth dari UKM dan Daerah dari Indonesia, yang menampilkan berbagai produk dan barang kerajinan Indonesia belum termasuk peserta dan partner dari Rusia.
         Lokasi Festival Indonesia yang berada di taman seluas 16,5 ha ini didirikan tahun 1932 dan merupakan monumen sejarah dan arsitektur, serta monumen seni lanskap abad XVIII-XIX para pengunjung akan merasakan mini Indonesia di Rusia.
          Selama pelaksanaan Festival Indonesia digelar demo melukis payung, dan membatik, melukis dengan iringan musik serta demo masak dan pertunjukkan wayang kulit serta ceramah dan diskusi seperti kemiripan dan perbedaannya antara Indonesia dan Rusia serta pemutaran film.(ZG)*****4****

(T.H-ZG/B/I.K. Sutika/I.K. Sutika)
04-08-2018 09:

Tidak ada komentar: