Selasa, 08 Desember 2009

KBRI ATHENA GELAR SEMINAR DAN PROMOSI INDONESIA DI PULAU KRETA YUNANI

KBRI ATHENA GELAR SEMINAR DAN PROMOSI INDONESIA DI PULAU KRETA YUNANI

London, 8/12 (ANTARA) - KBRI Athena menggelar seminar bertema Indonesia "Land of Opportunities and Cultural Diversity," serta promosi pariwisata, budaya dan galadinner yang dihadiri tidak kurang dari 500 undangan di Hotel Perle Resort and Spa, Chania, Pulau Kreta, Yunani.

Undangan termasuk tiga wali kota, anggota parlemen, pejabat pemerintah, anggota Kadin, kalangan pengusaha, universitas, agen perjalanan, media dan masyarakat Chania, ujar Pelaksana Fungsi Ekonomi, Widya Sinedu kepada koresponden Antara London, Selasa.

Dikatakannya, seminar bertujuan menyebarluaskan informasi mengenai berbagai kemajuan dicapai Indonesia di bidang politik, ekonomi dan sosial budaya dinilai positif oleh warga masyarakat Yunani di Pulau Kreta.

Seminar menampilkan pembicara utama Dubes RI di Athena, Ahmad Rusdi yang memaparkan kemajuan yang dicapai Indonesia di berbagai bidang seperti ekonomi, situasi politik dan sosial budaya.

Dubes Ahmad Rusdi juga memaparkan mengenai penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden serta Wakil Presiden.

Pembicara lainnya Michael Theodoru, pengelola Spa Indonesia di Perle Resort Hotel sekaligus perwakilan produk Komestik Martha Tilaar di Yunani menyampaikan topik Indonesian Traditional Spa and Cosmetics dan Cultural Similarities between Indonesia and Greece.

Sementara Pelaksana Fungsi Ekonomi, Widya Sinedu memaparkan berbagai peluang di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata.

Dikatakannya, hubungan perdagangan kedua negara pada tahun 2008 mencapai 232.459.000 dolar AS, sementara kunjungan wisata dari Yunani ke Indonesia diperkirakan 5000 orang, masih di bawah potensi yang dimiliki kedua negara.

Untuk itu diperlukan upaya yang lebih intensif dalam memaksimalkan potensi yang ada melalui kegiatan promosi, seminar dan sosialisasi, katanya.

Pertunjukan budaya
Selain acara seminar, juga ditampilkan pertunjukan kesenian Indonesia dengan menampilkan dua tarian yaitu Ragam Dasar dari Betawi dan tari Belibis dari Bali yang dibawakan masyarakat Indonesia di Yunani.

Ruangan ballroom seluas 1000 m2 ditata dengan berbagai dekorasi khas Indonesia termasuk kain batik yang mengundang tamu untuk mengabadikannya dengan latar belakang tersebut.

Pada puncak acara Dharma Wanita Persatuan KBRI Athena bekerja sama dengan pihak Hotel Perle menyajikan Indonesian Cuisine berupa sate ayam dan kambing, nasi dan mie goreng, serta selada padang dan kerupuk.

Sambil menyantap masakan Indonesia, undangan dihibur dengan pemutaran film mengenai pariwisata Indonesia serta mendapat paket cenderamata berupa gantungan kunci dan dompet dari batik, brosur pariwisata Indonesia dan CD: Indonesia in Colour 2009.

Pada kesempatan itu juga digelar pameran yang menampilkan berbagai produk spa dan kosmetik Martha Tilaar.

Manajemen Hotel Perle, Michael Theodoru sebagai pemilik spa menyampaikan Indonesia terutama Bali merupakan tempat tujuan wisata spa terbaik di dunia dan mengajak pengunjung memanfaatkan pelayanan spa Bali yang disediakan di hotel tersebut.

Acara yang diadakan KBRI Athena bekerja sama dengan Perle Resort Hotel and Spa, Chania, Pulau Krete itu merupakan upaya KBRI mempromosikan Indonesia dan memperluas wawasan kepada seluruh warga Yunani dan tidak terpaku hanya di kota Athena itu mendapat diliput dua stasiun televisi, radio, majalah serta harian setempat. ***2***
(U-ZG)
(T.H-ZG/B/I011/I011) 08-12-2009 13:19:10

Tidak ada komentar: