Sabtu, 26 Desember 2009

UNIVERSITAS SOFIA SAMBUT KERJA SAMA DENGAN UI

UNIVERSITAS SOFIA SAMBUT KERJA SAMA DENGAN UI

London, 24/12 (ANTARA) - Rektor Universitas Sofia di Bulgaria menyambut tawaran kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) yang merupakan inisiatif Rektor UI Prof Dr Gumilar Rusliwa Soemantri.

Sekretaris Tiga KBRI Sofia, Aditya Timoranto, kepada koresponden Antara London, Kamis, mengatakan, Dubes RI untuk Bulgaria Immanuel Robert Inkiriwang telah menyerahkan rancangan nota kesepahaman kerja sama antara Universitas Indonesia dan "Sofia University St Kliment Ohridski" kepada Rektor Prof Dr Ivan Ilchev.
Dalam acara penyerahan nota kesepahaman itu hadir Dekan Fakultas Philology Modern dan Classical (ASSOC) Prof Dr Petya Yaneva dan wakil Prof Dr Galina Rousseva-Sokolova, serta Kepala Departemen Hubungan Internasional Univesitas Sofia Roumen Grigorov.

Selain itu juga hadir pengajar kelas Bahasa Indonesia Prof. Krasimir Himirski yang juga Ketua Klub Perkumpulan Warga Bulgaria Pencinta Indonesia (Nusantara).

Rektor Universitas Sofia menyampaikan akan mempelajari rancangan nota kesepahaman tersebut serta segera melakukan finalisasi dan menilai kerja sama antara Universitas Indonesia dan Universitas Sofie akan dapat mendorong warga Bulgaria untuk lebih mengenal lagi Indonesia.

Dubes RI menyampaikan penghargaan kepada Rektor Universitas Sofia atas kesediaan untuk meningkatkan kerja sama dengan KBRI serta mengembangkan antaruniversitas khususnya dengan Universitas Indonesia.

Selain itu Dubes juga menyampaikan penghargaan atas upaya Rektor Universitas Sofia dan Dekan Faculty of Classical and Modern Philology yang membuka kelas bahasa Indonesia.

Pada kesempatan itu Dubes Immanuel Robert Inkiriwang menyerahkan sumbangan dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia berupa kamus Inggris-Indonesia dan dua paket buku Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) kepada Dekan Faculty of Classical and Modern Philology.

Sejak November lalu Universitas Sofia membuka kelas bahasa Indonesia di Faculty of Classical and Modern Philology yang diadakan dua kali seminggu.

Sejak dibuka kelas Bahasa Indonesia untuk umum tercatat sebanyak 11 siswa yang telah mendaftar yang berasal tidak saja mahasiswa Universitas Sofia tetapi juga masyarakat umum.

Diharapkan dengan akan ditanda tanganinya nota kesepahaman antara Universitas Indonesia dan Universitas Sofia diharapkan di masa datang kerja sama akan diperluas dan kelas Bahasa Indonesia berkembang menjadi pusat kajian Indonesia di Bulgaria. ***5***
(U-HZG/B/A041)

(T.H-ZG/B/A041/A041) 24-12-2009 07:23:24

Tidak ada komentar: