Selasa, 22 Desember 2009

Umat Nasrani Indonesia di Yunani Gelar Perayaan Natal

Umat Nasrani Indonesia di Yunani Gelar Perayaan Natal

Selasa, 22 Desember 2009 06:28 WIB | Peristiwa | Pendidikan/Agama | Dibaca 457 kali
London (ANTARA News) - Umat Kristiani Indonesia yang berada di Athena mengelar acara Perayaan Natal Bersama diawali dengan menampilkan lagu-lagu rohani yang dibawakan hadirin dengan spontan mengisi rangkaian Natal Bersama di Yunani.

Dilatarbelakangi pemandangan Acropolis malam hari dari kejauhan makin menambah kehangatan suasana perayaan natal yang diikuti sekitar 200 masyarakat Indonesia di Yunani, ujar Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Athena, Jani Mediawati Sasanti kepada koresponden Antara London, Selasa.

Dikatakannya pelaksanan Natal diisi dengan pesan natal yang disampaikan Pastor, selain itu sambutan dari Dubes RI di Athena, Ahmad Rusdi.

Menurut Jani Mediawati Sasanti, acara perayaan natal dilaksanakan lebih awal mengingat banyak warga Indonesia mayoritas sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) yang umumnya merayakan natal bersama dengan keluarga majikannya.

Rangkaian perayaan diawali dengan Kebaktian Bersama dipimpin Zakaria Sinedu yang menyampaikan mengenai kelahiran Yesus yang membawa kedamaian sehingga umat Kristiani diharapkan dapat memaknai arti Natal yang sebenarnya.

Umat Kristiani juga diminta untuk meneladani orang Majus dari Timur yang berupaya mencari kebenaran dan memberikan persembahan terbaik bagi Sang Juru Selamat.

Kebaktian Natal ditutup dengan penyalaan lilin sebagai simbol cahaya yang menerangi kegelapan dilakukan perwakilan dari masing-masing gereja Katholik, Protestan dan Orthodox beserta warga KBRI Athena dan Umat Kristiani Indonesia di Athena.

Sementara itu Dubes Ahmad Rusdi dalam sambutannya menyampaikan ucapan Selamat Natal kepada seluruh umat Kristen Indonesia yang ada dan bekerja di Yunani mengharapkan agar makna natal yaitu hidup dalam perdamaian dapat diteladani menghadapi kemajemukan bangsa Indonesia.

Ia juga mengajak umat Kristiani untuk menunjukkan kepedulian kepada saudara di Indonesia yang mengalami kesusahan dan memerlukan bantuan serta kepedulian sebagai sesama bangsa yang kebetulan tengah bekerja dan tinggal di luar negeri.

Dalam kesempatan itu Dubes RI menjelaskan mengenai keberhasilan pemerintah Indonesia dalam menyelenggarakan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta keberhasilan kepemimpinan Presiden SBY yang makin diperhitungkan di kancah dunia.

Acara perayaan Natal ditutup dengan santap malam bersama dengan hidangan khas Indonesia yang dimeriahkan dengan lagu-lagu rohani yang dibawakan oleh hadirin baik perorangan maupun grup mewakili suku daerahnya seperti dari Tapanuli, Manado, Maluku dan Jawa.

Kemeriahan dan kehangatan perayaan natal ditutup dengan pembagian bingkisan natal kepada anak-anak dan door prize bagi hadirin, demikian Jani Mediawati Sasanti.(*)

COPYRIGHT © 2009

Tidak ada komentar: