Minggu, 13 Desember 2009

SBY AKAN BERTEMU PRESIDEN HORST KOHLER

SBY AKAN BERTEMU PRESIDEN HORST KOHLER

London, 14/12 (ANTARA) - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono akan melakukan pertemuan dengan Presiden Jerman Horst Kohler, dalam kunjungan kerja ke Jerman, setelah melakukan serangkaian kunjungan ke beberapa negara Eropa yaitu Belgia dan Perancis.

Presiden RI didampingi Ibu Ani Yudhoyono dan beberapa menteri akan melakukan kunjungan kerja ke Jerman selama dua hari dari tanggal 15 hingga 16 Desember, ujar Konselor Sosbud dan PIPP KBRI Berlin, Agus Priono kepada koresponden ANTARA London, Senin.

Kunjungan ke Jerman dilakukan sebelum menghadiri Konperensi Dunia mengenai Perubahan Iklim (UNFCCC) yang berlangsung di Kopenhagen tanggal 17-18 Desember.

Selama melakukan kunjungan ke Jerman, Presiden RI selain bertemu Presiden Horst Kohler, juga dengan Kanselir Angela Merkel.

Presiden RI juga dijadwalkan menyampaikan sambutan di depan para politisi, akademisi, usahawan dan pejabat Jerman, serta pertemuan dengan perwakilan organisasi masyarakat Indonesia.

Kunjungan tersebut mempunyai makna penting bukan hanya karena kunjungan pemimpin kedua negara sudah lebih dari enam tahun tidak dilakukan sejak kunjungan terakhir Kanselir Jerman Gerhard Schroder ke Indonesia tahun 2003.

Hal ini juga mengingat kedua pemimpin sama-sama terpilih kembali dalam pemilu beberapa bulan lalu dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bertukar pandangan mengenai solusi yang memungkinkan bagi tercapainya suatu kesepakatan Kyoto Protocol yang akan berakhir 2012.

Kedua negara sebagai sesama anggota G-20 dinilai menunjukkan kinerja ekonomi yang baik pada tahun 2009 khususnya dalam rangka menghadapi krisis keuangan global, juga menunjukkan kiprah yang menentukan baik di lingkungan regional maupun internasional.

Kunjungan dimaksud juga sangat penting dalam rangka menguatkan kembali kerjasama di berbagai bidang antara lain politik, ekonomi, pendidikan, energi dan lingkungan serta riset dan teknologi, bagi kepentingan bersama kedua negara.***5***
(T.H-ZG/B/B013/B013) 14-12-2009 02:12:00

Tidak ada komentar: