Jumat, 12 Maret 2010

ALUMNI DARMASISWA CEKO PROMOSIKAN INDONESIA DI PRAHA

ALUMNI DARMASISWA CEKO PROMOSIKAN INDONESIA DI PRAHA

London, 11/3 (ANTARA) - Alumni penerima beasiswa Darmasiswa dari Pemerintah Indonesia mempromosikan keanekaragaman budaya Indonesia di Praha, Ceko, melalui berbagai cabang kesenian yang mereka kuasai.

Para alumni Darmasiswa itu melakukan unjuk kebolehan mereka dalam acara seni budaya yang disebut "Tropical Noc" atau Malam Tropis yang diadakan di PM Club Praha, kata Counselor Pensosbudpar KBRI Praha, Ceko, Azis Nurwahyu kepada Antara London, Rabu.

Sona Cermakova, gadis berkebaya yang membawakan acara itu adalah alumnus dari UGM Yogyakarta dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa yang menjadi pembawa acara seni budaya.

Sona dengan lancar, tanpa teks menterjemahkan pidato pembukaan dari Duta Besar Salim Said yang disampaikan dalam Bahasa Indonesia.

Sementara itu John Adams, alumnus Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, yang memimpin kelompok Gamelan Cakrawala, mampu memainkan tiga lagu dengan gamelan Bali yakni Kompyong, Bapang Sesir, dan Gilak.

John, seorang pengajar di Charles University Praha, juga membimbing sejumlah mahasiswa yang aktif mempelajari Gamelan.

Alumnus lainnya yang unjuk kebolehan adalah Jana Vozabova, lulusan ISI Denpasar, dengan luwes menarikan tiga tari Bali yakni tari Telek Jauk, Tenun, dan Margapati.

Sedangkan murid-muridnya yang tergabung di Yayasan Kintari membawakan tari Yapong dan Bajidor Kahot.

Dalam memeriahkan acara tersebut, sejumlah penari Indonesia di Praha yang tergabung dalam Sanggar Tari Sekar Melati binaan KBRI Praha juga ikut menampilkan Tari Saman dari Aceh dan Kayau dari Kalimantan.

Pada malam itu secara khusus juga ditampilkan tari Condong oleh I Gusti Agung Ayu Oka Partini, dosen ISI Denpasar yang diundang untuk melatih tari Bali oleh Yayasan Kintari dan KBRI Praha.

Hasil penjualan tiket acara tersebut untuk membantu menyelesaikan renovasi SD Ngolang di Lombok yang dipelopori oleh Yayasan Kintari.

Duta Besar Salim Said mengatakan suatu hal yang luar biasa ketika promosi Indonesia dilakukan warga Ceko karena telah menunjukkan terjalinnya persahabatan erat antara Ceko dengan Indonesia.

Dubes juga mengajak hadirin untuk tidak saja menikmati keindahan seni budaya Indonesia di Praha tetapi juga langsung datang ke Indonesia.

(U-ZG/B/b003/B003).

(T.H-ZG/B/B003/B003) 11-03-2010 05:28:12

Tidak ada komentar: