Jumat, 12 Maret 2010

PAPUA PROMOSI PARIWISATA DI ITB BERLIN

PAPUA PROMOSI PARIWISATA DI ITB BERLIN

Berlin, 12/3 (ANTARA) - Kehadiran Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik di anjungan Papua memberikan semangat kepada masyarakat Papua khususnya masyarakat Kabupaten Jayawijaya dalam melakukan promosi pariwisata di ITB Berlin.


"Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi dengan kehadiran Menbupar, Jero Wacik, di stand Papua di ITB Berlin, ujar Bupati Kabupaten Jayawijaya di Wemena, Wempi Wetipo, kepada koresponden Antara London, di stand Papua di Messe Berlin, Jumat.


Dikatakannya, kehadiran Menteri Jerok Wacik di stand Papua ini tidak lain adalah ingin menunjukkan pada dunia luar Indonesia kaya akan kebudayaan dan pariwisata

Apalagi Menteri Keuangan dan Teknologi Jerman Menteri Ekonomi dan Teknologi Jerman, Reiner Bruderle, didampingi Mayor of Berlin, Klaus Wowereit, juga berkunjung ke Stand Papua Indonesia.


Hal ini memberikan dorongan dan semangat kepada masyarakat Papua yang tidak kalah pentingnya dengan daerah tujuan wisata di Indonesia, ujar Wempi Watipo.


Dikatakannya, kehadiran stand Papua Indonesia di pameran pariwisata yang diikuti sekitar 108.000 "trade visitors", 10.000 "exhibitors" dari 180 negara dalam mempromosikan dan memajukan pariwisata di Papua.


Menurut Bupati , kehadiran stand Papua tidak lain untuk memajukan wisatawan di Papua khususnya di Lembah Baliem dalam pameran yang dalam penyelenggaraan tahun ini Turki menjadi "partner country" ITB Berlin.

Bupati juga berharap Menbupar dapat hadir dalam acara Festival Lembah Baliem yang dalam penyelenggaraannya belum begitu lama daripada Festival Danau Sentani.


Sementara Staff Promosi dan Marketing kantor Kebudayaan dan Pariwisata Wamena, Marthen Yalocon Medlana, mengatakan, Festival Lembah Baliem mengatakan, di ITB Berlin, Papua ingin memperkenalkan Ecotourism dengan adanya Lembah Baliem.


"Masyarakat dengan senang hati menyambut wisatawan asing," ujarnya menambahkan, mereka akan mengajak wisatawan berkunjung berbagai obyek wisata seperti di Carstenesz Basecamp yang berada di atas 4340 meter dikenal dengan Gunung Es.


Selain ekspedisi Carstensz juga tradisi Suku Asmat dan danau Sentani yang sangat diminati oleh wisatawan Jerman dengan adanya perwakilan Baliem Valley Resort yang keberadaannya sudah sejak lama di Jerman.

Selama pameran juga ditampilkan kesenian dari Lembah Baliem serta demo membuat kerajinan dari kayu berupa patung di stand Papua Indonesia.

(U-ZG)




(T.H-ZG/B/M012/M012) 12-03-2010 20:17:17

Tidak ada komentar: