Sabtu, 20 Maret 2010

SISWA SMA CEKO TERTARIK POLITIK LUAR NEGERI RI

SISWA SMA CEKO TERTARIK POLITIK LUAR NEGERI RI

London, 20/3 (ANTARA) - Sebanyak 50 siswa dari 17 kota yang tengah mengikuti pertemuan tahunan siswa SMA se-Ceko tertarik dengan politik luar negeri RI.

Hal itu terlihat dalam ceramah mengenai perkembangan Politik Luar Negeri RI yang disampaikan Counselor Pensosbudpar KBRI Praha, Azis Nurwahyudi,di aula KBRI Praha.

Azis Nurwahyudi kepada corresponden Antara London, Sabtu mengatakan generasi muda Ceko itu mendengarkan dengan penuh perhatian.

Dalam kesempatan tersebut dipaparkan mengenai perkembangan kebijakan luar negeri Indonesia secara umum, peran Indonesia di ASEAN dan hubungan bilateral antara Indonesia dan Ceko yang selama ini berjalan dengan baik.


Menurut Jan Teply, pimpinan rombongan, Indonesia dipilih menjadi salah satu negara yang dipelajari karena peran aktif Indonesia di dunia internasional, terutama di ASEAN.

Selain itu mereka juga ingin mengetahui perkembangan hubungan bilateral antara Indonesia dan Ceko.

Tahun ini merupakan yang ketiga kalinya panitia Prague Student Summit memilih KBRI Praha sebagai salah satu kedutaan yang dikunjungi peserta.

Jan Teply mengatakan selama pertemuan nasional yang berlangsung, siswa SMA tersebut akan mendiskusikan berbagai masalah internasional.

Masing-masing sekolah mewakili beberapa negara yang dinilai penting dalam percaturan internasional.

Tomas Herlik, siswa SMA dari kota Domazlice mengatakan informasi yang diperoleh sangat bermanfaat bagi tim mereka karena akan memperkuat argumentasi ketika harus mewakili Indonesia di forum diskusi tersebut.
Selama penjelasan, beberapa siswa menanyakan hubungan antara Indonesia dengan beberapa negara sahabat, dan mengenai terorisme serta proses demokratisasi di Indonesia dan ASEAN.
Pertemuan nasional tahunan siswa SMA se-Ceko itu diadakan sejak 18 hingga 22 Maret oleh Association for International Affairs, organisasi yang memberikan perhatian pada masalah internasional, yang didukung pemerintah Ceko, demikian Azis Nurwahyudi.

(U-ZG/b)

(T.H-ZG/B/F001/F001) 20-03-2010 11:54:26

Tidak ada komentar: