Sabtu, 27 November 2010

"EMAK INGIN NAIK HAJI" DI LONDON

"EMAK INGIN NAIK HAJI" DI LONDON

London, 27/11 (ANTARA) - Film karya sutradara Aditya Gumay yang berjudul "Emak ingin naik haji" mendapat perhatian para pemerhati film Indonesia di London, Inggeris, Jumat malam
Perhatian itu muncul saat film yang dibintangi Atik Kanser, Reza Rahadian, Didi Petet, Niniek L. Karim, Ayu Pratiwi, Henidar Amroe dan Ustadz Jeffry Al Bukhori diputar d KBRI London,kata Sekretaris I KBRI London Novan Ivanhoe Saleh kepada ANTARA London.

Sekalipun cuaca mendekati dua derajat Celcius, hal itu tidak mengurangi minat para penonton menyaksikan film yang ditulis Adenin Adlan dan Aditya Gumay, ujar Novan Ivanhoe.

Novan Ivanhoe mengatakan sekitar 30 orang yang kebanyakan adalah mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Inggris, seperti School of Oriental and African Studies (SOAS), Oxford University dan Westminster University, larut dalam isi cerita film tersebut.

Film yang bercerita mengenai tokoh Emak, wanita usia lanjut yang sabar, tulus, dan penuh kebaikan hati, sangat ingin menunaikan ibadah haji. Sayangnya, Emak tidak memiliki biaya untuk mewujudkan keinginannya.

Emak sehari-hari berjualan kue mengumpulkan rupiah bersama Zein, anaknya yang duda, penjual lukisan keliling. Walaupun Emak tahu bahwa pergi haji adalah hal yang sulit diraih, Emak tidak putus asa, dia tetap mengumpulkan uang untuk disetorkan ke tabungan haji di bank.

Film yang menceritakan keinginan kuat seorang anak dari keluarga kurang mampu untuk membiayai ibunya (Emak) melakukan ibadah Haji, membawa para penonton terhanyut dalam alur cerita.

Terlihat beberapa penonton tampak menitikkan air mata ketika akhirnya sang ibu dapat menunaikan ibadah Haji karena kemurahan hati keluarga terpandang dan mampu di kampung mereka.

Menurut Novan Ivanhoe, pemutaran film ini merupakan rangkaian dari program Indonesian Film Screenings, satu kegiatan KBRI dalam memperkenalkan dan menimbulkan kecintaan terhadap Indonesia oleh masyarakat Inggris melalui dunia perfilman.

Sebelumnya, juga diputar film berjudul "Long Road to Heaven" yang diadakan di Kampus SOAS, London .

Usai menonton film ini, sambil menikmati hidangan ringan Indonesia, beberapa penonton mengungkapkan bahwa mereka ingin mengetahui mengenai dunia perfilman Indonesia.

Salah satu mahasiswa yang menekuni bidang hubungan antaragama di SOAS menyatakan ketertarikannya untuk menyaksikan film-film Indonesia ini merupakan salah satu referensi untuk mengetahui bagaimana orang Indonesia menjalankan agama Islam.

Selain itu, ia juga ingin mengetahui bagaimana pandangan umat Muslim Indonesia terhadap Islam itu sendiri, dan bagaimana hubungan antarumat beragama di Indonesia.

Dari perbincangan seusai menonton film, terlihat apresiasi mereka atas kegiatan yang dilaksanakan KBRI ini seraya menyatakan keinginan mereka untuk mengikuti penayangan film-film berikutnya.

Diharapkan, dari program ini, semakin banyak masyarakat di Inggris terutama kalangan muda, yang mengenal Indonesia yang pada akhirnya mendorong minat mereka untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang Indonesia dengan secara langsung mengunjungi Indonesia, demikian Novan Ivanhoe Saleh.

Selain memutar film Long Road to Heaven dan "Emak Ingin Naik Haji", juga diputar film "3 Doa,3 Cinta" "Mereka Bilang Saya Monyet," Merantau, Of Love&Eggs, Sang Pemimpi, Preman in Love, Alangkah Indahnya Negeri Ini dan Extra Large.


***4***
(ZG)/C/A011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 27-11-2010 08:44:26

Tidak ada komentar: