Selasa, 09 November 2010

PROMOSIKAN BALI

FILM "EAT PRAY LOVE" PROMOSIKAN BALI

London, 9/11 (ANTARA) - Badan Pariwisata Bali (Bali Board Tourism), mengakui bahwa dampak film "Eat Pray Love" yang pengambilan gambarnya dilakukan di Ubud, Bali membuat nama Bali makin melambung di berbagai belahan dunia.

"Film yang dibintangi oleh Julia Roberts itu memberikan promosi gratis bagi wisatwan mancanegara," ujar Direktur Promosi dan Marketing Bali Board Tourism, Rudhy Antara dalam keterangannya kepada koresponden ANTARA London di sela penyelenggaraan Bursa Pariwisata Dunia WTM London yang berlangsung di Excel Center, London, Inggris pada 8-11 November.

Dikatakannya banyak wisatwan datang ke Bali setelah menyaksikan film yang dibuat berdasarkan novel itu, bahkan perancang busana terkenal dunia Calvin Klein juga berlibur ke Bali setelah menyaksikan film tersebut.

Menurut Rudhy Antara, meskipun tidak ikut membiayai film tersebut, namun dengan ditayangkannya film tersebut di berbagai bioskop di Amerika, Dinas Pariwisata Bali juga mengirimkan brosur selain ikut mempromosikan film tersebut.

Dampaknya sangat positif terhadap pariwisata di bali, ujarnya menambahkan bahwa banyaknya ekpose terhadap Bali di berbagai Negara juga memberikan keuntungan buat obyek wisata di daerah lainnya, selain ke Bali mereka tentunya akan ke daerah lainnya.

Diakuinya dengan gencarnya promosi yang dilakukan seiring dengan diputarnya film tersebut di bioskop bioskop membuat jumlah wisatwan dari Amerika Serikat dan juga Negara lain makin meningkat.

Seperti wisatawan asal Inggris yang berlibur ke Bali pada tahun 2009, tercatat sebanyak 92.859. sementara tahun lalu, pariwisata Indonesia meraup 123 juta poundsterling dari 169.271 kunjungan wisatawan Inggris. Sebanyak 54,86 persen wisatawan itu berkunjung ke Bali sebagai tujuan wisata paling populer.

Dampaknya sangat besar dan positif, begitupun masyarakat Bali yang memberikan pelayanan dengan maksimal.

Diakuinya dalam Bursa Pariwisata Dunia WTM London, industry pariwisata asal Bali yang berpartisipasi cukup besar , karena adanya keinginan untuk meningkatkan jumlah wisatawan Inggris untuk datang ke Bali.

Dari 27 industri yang ikut dalam Bursa Pariwisata Dunia yang dihadiri dikunjungi oleh 50.000 travel professional yang berasal dari 187 negara, 22 diantaranya dating dari Bali dengan jumlah delegasi 30 an orang yang mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah tidak saja dari industry juga kesenian dari Bali yang mendapat dukungan dari DPRD Bali.

Selama berlangsungnya pameran, delegasi dari Bali menampilkan Tari tarian diantaranya Tari Cenderawasih yang dibawakan Luh Kompyang Megawati, Tari Legong oleh Putu Yujita Oktarini dan Tari Marga Pati yang dibawakan Putri Muspadi serta Tari Baris yang dibawakan Alit Yandinata. ***2***
(ZG)
(T.H-ZG/B/B012/B012) 09-11-2010 19:42:08

Tidak ada komentar: