Senin, 22 November 2010

ULOS UNTUK WAKIL WALIKOTA SIEGEN

KONJEN ANUGERAHKAN ULOS PADA WAKIL WALIKOTA SIEGEN

London, 22/11 (ANTARA) - Konsul Jenderal RI Frankfurt, Damos Agusman menganugerahkan ulos Batak kepada Wakil Walikota Kota Siegen, Angelika Flohren pada acara peringatan 25 tahun berdirinya Perhimunan Persahabatan Jerman-Indonesia (Deutsche-Indonesische Gesellschaft/DIG) wilayah Sudwestfalen, di kota Siegen, Jerman.

Keterangan pers fungsi Pensosbud KJRI Frankfurt Ernest Hadinoto yang diterima Antara, London, Senin, menyebutkan Angelika Flohren diberi penghargaan itu karena ia sangat mencintai Indonesia.

Ketua DIG, Tieneke Paratini, menyatakan organisasi yang berkiprah di bidang sosial dan kebudayaan ini memberikan penghargaan ulos batak untuk Angelika Flohren karena ia juga kerap mendukung kegiatan yang berkaitan dengan promosi Indonesia di Jerman.

Prosesi mengulosi itu dilakukan menurut adat Batak yang dipimpin Christine Schreiber, seorang wanita Jerman yang telah lama mendalami dan mempopulerkan budaya Batak di Jerman.

Christine Schreiber pernah menulis buku "Sidihoni, Perle im Herzen Sumatra", yang artinya "Sidihoni, Mutiara di Jantung Sumatra".

Konsul Jenderal RI di Frankfurt, Damos Agusman mengatakan bahwa persoalan integrasi yang saat ini sedang dialami oleh Jerman dan Eropa pada umumnya justru telah lama tuntas di Indonesia.

Dengan falsafah Bhineka Tunggal Ika, Indonesia mampu mengintegrasikan semua aspek keberagaman suku dan ras sehingga menghasilkan keharmonisan berbangsa dan bernegara, ujarnya.

Menurut Konjen Damos, dengan modal itu Indonesia dapat dijadikan model bagi proses integrasi yang sedang terus berlangsung di Jerman.

Peringatan 25 tahun berdirinya DIG Gesellschaft Sudwestfalen juga dimeriahkan dengan berbagai tarian dari Jawa Tengah dan dari Jawa Barat yang dibawakan masyarakat Indonesia di Jerman serta staf KJRI Frankfurt Mira Rochyadi.

(T.H-ZG/C/T010/T010) 22-11-2010 06:38:29

Tidak ada komentar: