Sabtu, 26 Maret 2011

AIR SERVICE AGREEMENT

INDONESIA-RUSIA TANDATANGANI "AIR SERVICE AGREEMENT"

London, 26/3 (ANTARA) - Indonesia dan Rusia menandatangani kerja sama "Air Service Agreement", yang merupakan salah satu hasil Sidang Komisi Bersama ke-7 (SKB-7) Kerja sama Ekonomi, Perdagangan dan Teknik antara Indonesia dan Rusia.

Sekretaris Ketiga Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana dalam keterangannya kepada Antara London, Sabtu menyebutkan Sidang Komisi bersama diadakan selama dua hari dari 24-25 Maret.

Delegasi Indonesia yang dipimpin Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Duta Besar Retno Marsudi yang didampingi Dubes RI untuk Federeasi Rusia dan wakil dari berbagai instansi terkait.

Sementara delegasi Rusia dipimpin Anatoly I. Yarochkin yang juga didampingi Dubes Rusia untuk Indonesia dan wakil berbagai instansi terkait.

Penandatanganan perjanjian tersebut merupakan pembuka jalan bagi kerja sama penerbangan langsung Indonesia-Rusia, baik untuk penumpang maupun kargo.

Perjanjian ini diyakini akan dapat meningkatkan arus wisatawan dari dan ke dua negara, serta akan dapat mendorong peningkatan kerja sama ekonomi, perdagangan dan investasi.

Jumlah wisatawan Rusia yang berkunjung ke Indonesia mencapai lebih dari 80.000 orang pada 2010.

Selain penandatanganan "Air Service Agreement", SKB-7 Indonesia-Rusia juga membahas upaya peningkatan kerja sama bidang perdagangan, investasi, iptek, pendidikan, dan "people to people contact."
Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik Indonesia, angka perdagangan Indonesia-Rusia telah mencapai 1,685 miliar dolar AS pada 2010, naik 117,54 persen dibanding 2009.

Di bidang investasi, Rusia menyatakan ketertarikan untuk berinvestasi di bidang pembangunan infrastruktur. Dalam kaitan ini, Indonesia telah mengundang Rusia untuk hadir dalam "Investment Summit" yang akan berlangsung April mendatang.

Di bidang Pendidikan, dicatat kemajuan yang signifikan di bidang pemberian beasiswa dari dua arah. Kerja sama pendidikan ini juga mencakup pelatihan untuk diplomat Indonesia-Rusia.

Indonesia dan Rusia sepakat untuk melaksanakan SKB ke-8 di Indonesia pada 2012.

(ZG)
(T.H-ZG/B/S004/S004) 26-03-2011 10:09:11

Tidak ada komentar: