Jumat, 11 Maret 2011

TOLERANSI BERAGAMA

KARDINAL CEKO HARAPKAN TOLERANSI BERAGAMA DI INDONESIA

London, 12/3 (ANTARA) - Kardinal Ceko, Monsinyur Dominik Duka, yang berusia 67 tahun menaruh harapan besar terhadap adanya toleransi kehidupan beragama di Indonesia.

Harapan Kardinal Duka itu disampaikannya kepada Dubes RI Praha, Emeria Siregar, ketika melakukan kunjungan kehormatan ke Keuskupan di Praha, Ceko, beberapa waktu lalu.

Councellor KBRI Praha, Azis Nurwahyudi dalam keterangan pers yang diterima Antara London, Sabtu mengatakan Kardinal Dominik Duka selain menyampaikan harapan juga mengatakan pemahamannya mengenai perkembangan kehidupan beragama di Indonesia.

Kardinal berharap dapat dilakukan dialog antar para penganut berbagai agama dan kepercayaan, sehingga semakin kokoh toleransi beragama di Indonesia.
Pada kesempatan kunjungan kehormatan tersebut, Dubes Emeria Siregar menjelaskan sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, semua pihak terus berusaha membangun keharmonisan dalam kehidupan beragama.

Dikatakannya komposisi warga yang memeluk berbagai agama di Indonesia, di sebagian wilayah memiliki mayoritas penduduknya penganut agama Kristen dan Katholik.

Kardinal Duka menyampaikan pandangannya terhadap pemerintah Indonesia yang dinilainya mampu menangani berbagai persoalan yang menyangkut masalah kehidupan beragama di negeri yang disebutnya mayoritas Muslim namun terdapat banyak umat Katholik.

Disampaikan juga bahwa beberapa pastur dan biarawati dari Ceko saat ini sedang bertugas di Indonesia.

Menanggapi pernyataan Kardinal Duka tentang dialog antar agama, Dubes Emeria Siregar menyampaikan Kementerian Luar Negeri RI bekerja sama dengan berbagai pihak menyelenggarakan Interfaith Dialgue dengan berbagai negara, termasuk Ceko.

Pada tahun 2011 ini Interfaith Dialogue di Ceko direncanakan akan menghadirkan para pemuka berbagai agama dari Indonesia sehingga dapat memberikan informasi yang seimbang kepada publik Ceko tentang kehidupan beragama di Indonesia.

Ketika mengunjungi berbagai ruangan di Keuskupan, Dubes Emeria Siregar menjelaskan kain yang diletakkan di altar utama Keuskupan tersebut adalah kain Ulos dari Sumatra Utara, Indonesia.

Hal ini menunjukkan bahwa selama ini telah terjalin hubungan baik antara Keuskupan di Ceko dengan Indonesia, ujarnya.

Kardinal Duka menawarkan KBRI Praha untuk melakukan pameran tentang Indonesia bertempat di salah satu gedung keuskupan Ceko, dan ditanggapi dengan baik oleh Dubes Emeria Siregar sebagai salah satu bentuk tindak lanjut pertemuan tersebut.

(ZG/B/Z003)

(T.H-ZG/B/Z003/Z003) 12-03-2011 09:39:20

Tidak ada komentar: