Selasa, 01 Maret 2011

GUBERNUR DKI

GUBERNUR DKI FAUZI BOWO BERBICARA DI CHATHAM HOUSE LONDON

London, 28/2 (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo diundang secara khusus untuk berbicara mengenai persiapan Jakarta memasuki era globalisasi dalam pertemuan yang digelar di London selama dua hari dari 28 Februari hingga 1 Maret.

Dalam pertemuan yang bertema "The Future of Cities 2011,Centres of innovation for urban solutions", Fauzi Bowo membahas masalah globalisasi menjadi tantangan bagi kota-kota di dunia untuk menentukan masa depannya itu digelar Chatham House, semacam think thank di Inggris, ujar Ratih Hardjono yang menjadi jurubicara Gubernur ketika dijumpai koresponden Antara London, di Hotel Rich tempat menginapnya rombongan selama di London, Senin.

Tantangan ini menjadi fokus konferensi lembaga internasional ternama, tersebut Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo berbicara mengenai persiapan Jakarta memasuki era globalisasi di masa mendatang. Apalagi Jakarta termasuk 10 kota terbesar di dunia dengan kepadatan penduduk yang sangat tinggi, ujarnya.

Menurut Ratih Hardjono, undangan resmi di Chatham House untuk orang Indonesia terhitung jarang sekali dan dapat dihitung sebagai suatu kehormatan, tidak saja bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetapi juga Indonesia.

Dalam diskusi tingkat tinggi yang bertema "Leading Cities into the Next Global Era", selain Gubernur Fauzi Bowo, konferensi yang berjudul, Masa Depan Kota-kota: Pusat Inovasi untuk Solusi-solusi Urban, juga dihadiri berbagai nama penting di arena internasional tidak saja dari kalangan pemerintahan tetapi juga pimpinan perusahaan internasional dan lembaga-lembaga internasional.

Diantaranya Dr Johannes Hahn dari European Commission untuk Kebijakan Regional, Andrew Boraine Direktur Kemitraan Cape Town, Professor Steve Rainer dari Universitas Oxford, David Bragdon dari kantor Walikota New York Bagian Perencanaan Jangka Panjang, Dr Shin Nan Sekretaris Jendral RRC untuk Perencanaan Perkotaan, David Miller mantan Walikota Toronto, dan Abha Joshi-Ghani dari Bank Dunia.

Dalam Konperensi ini membicarakan dasar-dasar yang diperlukan untuk mempersiapkan kota-kota di dunia menghadapi era globalisasi. Fokus dari konferensi ini adalah bagaimana kota-kota di dunia dalam menghadapi pertumbuhan penduduk pada 2050 dengan berbagai tantangan seperti perubahan iklim, sumber daya, ekonomi, dan infrastruktur.

Diharapkan dari seminar itu, para pemangku kepentingan ini dapat kembali ke kotanya masing-masing dan menggunakan pengalaman serta informasi yang didapatkan untuk menyelesaikan masalah masing-masing kota.

Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, menyebutkan Gubernur Fauzi Bowo termasuk salah satu anggota yang aktif dalam jaringan ini dan banyak diminta berbicara mengenai tantangan-tantangan yang dihadapi di Jakarta serta solusi-solusinya.

Fauzi Bowo, yang tampil sebagai pembicara pada hari kedua dalam konferensi yang bertema "Mempersiapkan Kota Memasuki Era Global ". Selanjutnya itu, membahas mengenai peran kepemimpinan kota metropolitan. Khususnya dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan termasuk juga otoritas yang diperlukan seorang pimpinan kota metropolitan untuk membangun ekonomi serta masyarakat agar dapat mempersiapkan kota Jakarta di masa mendatang.

Sebelumnya beberapa nama dari Indonesia pernah menghadiri acara ini, tetapi kapasitasnya hanya sebagai sumber informasi dalam acara research event.

Dalam menyelenggarakan konferensi, panitia penyelenggara berasumsi ketahanan serta kemampanan kota menghadapi masa depan tidak hanya terletak pada pembangunan infrastrukturnya, melainkan juga pada pimpinan yang memberlakukan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Selain kemampuan untuk merencanakan serta menyinergikan kependudukan, mempunyai strategi ekonomi yang akan dapat menghadapi tantangan serta kemampuan untuk merencanakan kota yang infrastrukturnya berkesinambungan.

Chatham House merupakan lembaga studi atau think-tank di London, Inggris.


(ZG)//B/A011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 28-02-2011 09:20:13

Tidak ada komentar: