Jumat, 11 Maret 2011

SCHLESWIG-HOLSTEIN JERMAN

INDONESIA SAHABAT BAGI NEGARA BAGIAN SCHLESWIG-HOLSTEIN JERMAN

London, 12/3 (ANTARA) - Sekretaris Negara Bagian Schleswig-Holstein, Heinz Maurus mengatakan Indonesia merupakan sahabat penting bagi negara bagian Schleswig-Holstein, Jerman.

Hal itu disampaikan Heinz Maurus kepada Konjen RI Hamburg dalam pertemuan bilateral yang diadakan di Kiel, demikian keterangan pers KJRI Hamburg yang diterima Antara London, Sabtu.

Heinz Maurus menyebutkan bahwa perkembangan yang dicapai Indonesia di berbagai bidang serta adanya kerjasama antara Indonesia dengan Schleswig-Holstein di berbagai bidang menjadi alas an penting bagi pemerintah dan masyarakat Schleswig-Holstein untuk meningkatkan hubungan dengan Indonesia.

Dikatakannya adanya berbagai permasalahan global memerlukan penanganan bersama antara Negara di seluruh dunia Jerman perlu terus bekerja sama dengan Negara lain termasuk Indonesia yang memiliki peran besar di kawasan Asia Tenggara.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Bidang Internasional Kamar Dagang dan Industri Kiel, Werner Koopman, dalam pembicaraan dengan Konjen RI Hamburg pada hari yang sama.

"Di samping China dan India, Indonesia merupakan negara berikutnya di kawasan Asia yang perlu mendapat perhatian lebih besar dari para pengusaha Jerman," ujar Koopman.

Dalam beberapa tahun terakhir ini informasi mengenai perkembangan Indonesia memang dirasakan kurang oleh pengusaha di Schleswig-Holstein. Untuk itu Kadin Kiel bersedia membantu upaya KJRI Hamburg untuk mempromosikan Indonesia secara lebih luas di negara bagian ini.

Konjen RI Hamburg, Estella Anwar Bey, menyebutkan Indonesia ingin meningkatkan hubungan kerjasama dengan Schleswig-Holstein di sektor-sektor unggulannya seperti maritim, teknologi kelautan, peralatan kesehatan, dan energi alternative.

Hubungan Indonesia dan Schleswig-Holstein berlangsung lama, dimulai dari kerjasama pembangunan kapal dan terus berkembang ke arah kerjasama perdagangan dan industri seperti tekstil, rempah-rempah, produk-produk kayu, mesin industri, komponen otomotif, dan peralatan medis.

Total perdagangan Indonesia dengan Schleswig-Holstein pada tahun 2010 mencapai 211 juta Euro atau meningkat sebesar 48 persen dibandingkan tahun 2009.

(ZG)
(T.H-ZG/B/B012/B012) 12-03-2011 12:18:33

Tidak ada komentar: