Sabtu, 20 Agustus 2011

DUBES: MOMENTUM

DUBES: MOMENTUM KEHADIRAN INDONESIA DI LUAR NEGERI

London, 20/8 (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Hamid Awaludin menyatakan, bagi masyarakat Indonesia di luar negeri, peringatan kemerdekaan adalah momentum menegaskan kembali kehadirannya di luar negeri.

Hal itu disampaikan Dubes Hamid Awaludin pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-66 di KBRI Moskow, ujar Sekretaris Kedua Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana dalam keterangannya kepada Antara London, Sabtu.

Upacara peringatan HUT RI ke-66, dihadiri lebih dari 200 orang yang terdiri dari Warga Negara Indonesia di Rusia mulai dari staf KBRI Moskow, mahasiswa, tenaga kerja dan warga Rusia serta tamu undangan lainnya, sangatlah istimewa karena diperingati tepat pada bulan Ramadhan, sebagaimana halnya yang terjadi pada 66 tahun silam.

"Setiap kita adalah wakil dari sebuah bangsa besar, Indonesia. Tutur kata, sikap dan segala perilaku kita adalah cermin dari peradaban yang dibangun dari perjalanan panjang bangsa kita dan dengan cermin itulah bangsa-bangsa lain menilai Indonesia," katanya.

Peringatan hari kemerdekaan merupakan sebuah momentum untuk mengingat kembali perjalanan bangsa Indonesia yang sangat panjang. Proklamasi bagi para "founding fathers" jelas dan tegas, yaitu pintu gerbang menuju negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Masyarakat Indonesia yang hadir penuh antusias mengikuti serangkaian acara dan kegiatan mulai dari upacara penaikan bendera pukul 09.45 waktu Moskow atau 12.45 WIB hingga penurunan bendera pukul 17.00 waktu Moskow atau 20.00 WIB. ***6*** (ZG)
(T.H-ZG/C/S023/S023) 20-08-2011 12:35:24


Tidak ada komentar: