Kamis, 04 Agustus 2011

KELUARGA WAPRES DUBAI

KELUARGA WAPRES DUBAI DUKUNG PENINGKATAN EKONOMI RI-DUBAI

London, 4/8 (ANTARA) - Sepupu Wakil Presiden/Perdana Menteri PEA dan Ruler Dubai Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum, yaitu Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum, mendukung berbagai upaya peningkatan hubungan ekonomi, perdagangan dan investasi antara Indonesia dengan Dubai.

Sekretaris Pertama/ Konsul Fungsi Pensosbud KJRI Dubai , Adiguna Wijaya, kepada Antara London, Kamis menyebutkan bahwa dukungan itu disampaikan saat menerima kunjungan kehormatan Konsul Jenderal RI Dubai, Mansyur Pangeran.

Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum merupakan orang kepercayaan Ruler Dubai yang diberi tanggung jawab untuk mengelola sejumlah perusahaan besar milik keluarga Al Maktoum dan menjabat berbagai posisi strategis dalam pemerintahan Dubai dan PEA.
Kunjungan Konsul Jenderal RI Dubai kepada Sheikh Ahmed dalam kapasitasnya sebagai President of Department of Civil Aviation (DCA) dan Chairman and Chief Executive of Emirates Airline & Group bertujuan untuk saling bertukar pandangan mengenai kondisi perekonomian dan politik Indonesia dan Dubai serta peluang kerja sama ekonomi dan penerbangan sipil serta bidang-bidang lainnya.

Di awal pertemuan, Konjen Mansyur menyampaikan overview perkembangan positif politik, sosial-budaya dan keamanan nasional Indonesia. Stabilitas politik dan keamanan turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang semakin mantap, ujarnya.

Konjen Mansyur menjelaskan kondisi terkini perekonomian nasional Indonesia, dimana Indonesia menempati posisi 17 kekuatan ekonomi dunia dengan GDP sekitar 803 miliar dolar AS pada 2010 dan menjadi anggota G-20.

Ekonomi Indonesia juga akan meningkat mendominasi negara-negara anggota ASEAN dan akan melewati pasar Eropa. Saat ini perekonomian Indonesia mencapai 41 persen dari ASEAN 6 dan 39 persen dari keseluruhan negara anggota ASEAN.

Menurut Konjen perekonomian Indonesia diprediksi akan meningkat hingga 46 persen pada 2015. Indonesia dengan 240 juta penduduk merupakan pasar yang potensial untuk berbagai produk, komoditi dan industri.

Selain itu ia juga menyampaikan rencana kegiatan KJRI Dubai terkait promosi kerja sama perdagangan dan investasi antara lain rencana kunjungan misi dagang delegasi UAE Islamic Financial Services ke Indonesia tanggal 17-19 Oktober mendatang yang dikolaborasikan dengan kunjungan pengusaha/ buyer PEA pada Trade Expo Indonesia 2011 di Jakarta pada saat yang sama.

Sheikh Ahmed menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Konjen RI Dubai serta penjelasan yang komprehensif dan informatif mengenai situasi dan kondisi terkini tentang Indonesia.

Dikatakannya masih banyak peluang kerja sama antara Indonesia dan Dubai khususnya serta PEA umumnya yang masih dapat digali, seperti di bidang perdagangan dan investasi.

Untuk itu diperlukan upaya yang lebih intensif dalam mendorong kalangan pengusaha dan investor Indonesia untuk lebih aktif mempromosikan produk, komoditas dan jasanya kepada mitra dagangnya di Dubai dan PEA, terutama melalui keterlibatan dalam pameran-pameran internasional di Dubai.

Sheikh Ahmed menyampaikan penghargaannya atas upaya KJRI Dubai selama ini dalam rangka memajukan kerja sama Indonesia-Dubai, terutama dalam bidang perdagangan, investasi dan pariwisata.

Diharapankannya agar partisipasi aktif Indonesia dalam berbagai pameran dan kegiatan bisnis lainnya di Dubai dapat lebih meningkatkan hubungan baik di bidang ekonomi antara Indonesia dengan Dubai khususnya serta PEA pada umumnya dan dapat terus meraih capaian yang diharapkan kedua pihak.

Sheikh Ahmed menyatakan dukungannya atas berbagai upaya peningkatan hubungan yang dilakukan KJRI Dubai, dan menjanjikan akan meneruskan informasi mengenai rencana kunjungan misi dagang UAE Islamic Financial Services ke Indonesia kepada jajaran direksi perusahaan terkait yang dipimpinnya.

Selain sebagai pimpinan tertinggi perusahaan Emirates Group dan Departemen Penerbangan Sipil, Sheikh Ahmed juga memimpin sejumlah lembaga dan bidang usaha lainnya, seperti Board Member of UAE General Civil Aviation Authority, Deputy Chairman of the Dubai Executive Council, Chairman of Supreme Committee, anggota Dubai Council for Economic Affair.

Ia juga menjadi board member Dubai World, Noor Islamic Bank PJSC, Noor Investment Group LLC, Noor Takaful General PJSC, Noor Takaful Family PJSC, Dubai National Air Travel Agency, Dubai Airport Free Zone Authority, Dubai Aerospace Enterprise, Dubai Air Wing, Alliance Insurance Company, Le Meridien Dubai, Dubai International Marine Club, The British University-Dubai, The Dubai Power & Energy Committee, The UAE National Olympic Committee.

Kunjungan kepada Sheikh Ahmed pertama kalinya dilakukan Konjen RI Dubai yang merupakan suatu kehormatan dapat diterima langsung pejabat tinggi negara setingkat Sheikh Ahmed yang biasanya sulit untuk bertemu dengan para pejabat tinggi di Dubai.

Hal ini menandai Indonesia sudah mulai diperhitungkan dan telah masuk dalam "radar" para penguasa Dubai. Yang di akhir pertemuan, baik Konjen Mansyur maupun Sheikh Ahmed kembali saling menyampaikan harapan dan komitmen bagi peningkatan dan perwujudan berbagai kerja sama di masa mendatang.(ZG)



(T.H-ZG/B/R010/R010) 04-08-2011 22:45:12

Tidak ada komentar: