Rabu, 10 Agustus 2011

EDINBURGH FESTIVAL

GAMELAN KRIDA TAMPIL DI FESTIVAL INTERNASIONAL EDINBURGH

London, 10/8 (ANTARA) - Indonesia untuk pertama kalinya akan menampilkan permainan gamelan dari Kelompok Gamelan Kridha Mardhawa dari Keraton Yogyakarta, bertepatan dengan peringatan ke-200 hubungan sejarah Indonesia dan Inggris dalam Festival Internasional Edinburgh.

Kasubdit Promosi Wilayah Eropa, Direktorat Jenderal Pemasaran Pariwisata, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Maria Mayabubun kepada koresponden Antara London, Rabu, menyebutkan sekitar 20 pemain gamelan akan tampil dalam kegiatan yang berlangsung 19 hingga 21 Agustus 2011.

Dalam Festival Internasional Edinburgh merupakan sebuah festival seni budaya yang diadakan setiap tahunnya di Kota Edinburgh, Skotlandia, Inggris gamelan dari Kelompok Gamelan Kridha Mardhawa dari Keraton Yogyakarta, tampil dalam dua sesi setiap harinya masing-masing sesi selama satu jam, dimulai pada pukul 19.30 waktu setempat di The Hub.

Festival ini mulai diadakan sejak tahun 1947 dan setiap tahunnya dihadiri oleh lebih dari 500.000 pengunjung, yang sekitar 60 persen berasal dari Skotlandia, 20 persen berasal dari berbagai daerah di Inggris Raya dan sisanya dari mancanegara.

Festival ini diadakan pertengahan Agustus setiap tahunnya dan berlangsung selama kurang lebih 3-4 minggu. Lokasi penyelenggaraan dilakukan di berbagai venue gedung pertunjukkan di kota Edinburgh seperti di Usher Hall, Queens Hall, The Hub, Festival Theatre, dan sebagainya.

Festival Internasional Edinburgh (EIF) merupakan sebuah festival yang diselenggarakan oleh panitia penyelenggaraan yang berada di bawah naungan pemerintah kota Edinburgh.

Selain EIF, terdapat berbagai macam festival seni budaya lainnya yang diselenggarakan di kota Edinburgh pada saat yang bersamaan seperti Fringe Festival, Royal Edinburgh Military Tattoo Festival, Edinburgh Jazz and Blues
Keikutsertaan pada kegiatan tersebut berdasarkan undangan dari Direktur Festival, sehingga hanya pertunjukan bertaraf dunia yang dapat tampil. Festival ini menampilkan pertunjukan musik klasik, teater, opera dan tarian dari seluruh dunia.

Tema besar Festival Internasional Edinburgh 2011 adalah "Pertemuan Timur dan Barat" ("East Meets West") dengan menampilkan beragam kebudayaan negara-negara Asia seperti China, India, Indonesia, Jepang, Korea, dan Vietnam.
EIF diselenggarakan dari tanggal 12 Agustus hingga 4 September mendatang menampilkan berbagai macam bentuk kesenian seperti tarian klasik maupun kontemporer, opera, teater, musik, serta pameran visual art. ***6*** (ZG)

(T.H-ZG/B/Z002/Z002) 10-08-2011 23:51:00


Tidak ada komentar: