Kamis, 18 Agustus 2011

KEDUBES RI JENEWA

KEDUBES RI JENEWA LAKSANAKAN PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN

London, 18/8 (ANTARA) - Perayaan Hari Ulang Tahun ke-66 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipusatkan di Kedutaan Besar RI di Jenewa berlangsung khidmat.

Duta Besar/Wakil Tetap RI untuk PBB, WTO dan Organisasi Internasional Lainnya Dian Triansyah Djani di Jenewa memimpin Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-66 di halaman Perutusan Tetap RI, kata Sekretaris Pertama, Kurniawan Koba kepada ANTARA London, Rabu (waktu setempat).

Dubes selaku pembina upacara menyampaikan ajakan bagi seluruh unsur masyarakat Indonesia untuk meningkatkan rasa syukur atas kemajuan yang dicapai Bangsa Indonesia sekaligus memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang berjuang merebut sekaligus mempertahankan kemerdekaan.

Dubes juga mengharapkan seluruh lapisan masyarakat yang tengah bertugas dan tinggal di Jenewa untuk melakukan refleksi diri dengan bercermin pada sejarah guna menatap masa depan Indonesia yang lebih cerah, yaitu Indonesia yang bersatu, adil, makmur dan sejahtera.

Peringatan kemerdekaan kali ini mengusung tema: "Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Kesadaran Hidup dalam ke-Bhinneka-an untuk Kokohkan Persatuan NKRI, Kita Sukseskan Kepemimpinan Indonesia dalam Forum ASEAN untuk Kokohkan Solidaritas ASEAN".

Tema tersebut menggambarkan betapa pentingnya ASEAN bagi Indonesia dan Indonesia bagi ASEAN. Sebagai Ketua ASEAN Geneva Committee, PTRI Jenewa menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan kepentingan ASEAN di berbagai forum dan organisasi internasional di Jenewa.
Dalam hal ini, bertepatan dengan ulang tahun ASEAN ke-44 yang diperingati tanggal 8 Agustus yang lalu, untuk pertama kalinya hymne ASEAN berkumandang dan bendera ASEAN berkibar di langit Jenewa serta dikibarkan serentak di seluruh perwakilan negara anggota ASEAN di dunia.

Upacara penurunan bendera di PTRI Jenewa diikuti dengan acara ramah tamah dengan seluruh masyarakat Indonesia di Jenewa dan pembagian hadiah lomba HUT RI ke-66 dan ditutup dengan shalat tarawih bai umat muslim Indonesia di Jenewa. ***6*** (ZG)
(T.H-ZG/C/S023/S023) 18-08-2011 14:11:15


Tidak ada komentar: